Punya Perut Buncit? Simak Latihan Ini Agar Tubuh Jadi Menarik dan Sehat

341 views

Latihan teratur dan disiplin diri bisa membuat tubuh sehat dan tampil menarik setiap saat.

iniSURABAYA – Bagi wanita, punya perut buncit pasti bikin tidak nyaman dan membuat kurang percaya diri.

Bentuk badan menggelembung di bagian perut ini bikin mereka tidak bisa tampil gaya dan tidak bisa mengikuti tren mode yang kerap menonjolkan lekuk liku tubuh.

Tidak perlu galau, karena ada solusinya. Yang bisa dilakukan adalah melakukan latihan yang mudah, ringan dan efektif untuk menjaga perut tetap rata baik itu setelah treatment ataupun untuk mengecilkan perut buncit.

Yang perlu dilakukan adalah mengencangkan otot-otot perut. “Otot-otot perut pada dasarnya terdiri atas empat kelompok, yaitu Rectus Abdominis, External Oblique, Internal Oblique dan Transverse Abdominis,” kata Rara K. Rachmawati, Regional Marketing Manager Celebrity Fitness.

Lebih detilnya, Rara menambahkan, otot terpanjang adalah otot Rectus Abdominis, otot tersebut memanjang dari dasar tulang dada ke tulang panggul, dan berperan saat kita melipat tubuh, seperti sit up.

Otot External dan Internal Oblique membentang di bagian samping tubuh, bentuknya yang bagus akan menambah keindahan tubuh. Sedangkan otot Transverse Abdominis akan kontraksi saat kita batuk atau bersin.

Ditekankan Rara, keempat otot tersebut perlu dilatih agar kekencangan perut dapat dijaga. Adapun latihan yang disarankan ada beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan, antara lain, kardio, latihan beban, latihan core dan balance, aerobics class, dan latihan functional training.

Latihan kardio, lanjut Rara, mampu membakar kalori lebih banyak. Sebab, laju jantung untuk memompa darah akan berfungsi optimal, sehingga pembakaran kalori lebih besar.

“Latihan kardio disarankan untuk menghilangkan lemak di perut dengan treatmill, berenang atau bersepeda. Berlatih kardio selama 15–30 menit setiap hari,” paparnya.

Sedang latihan beban atau resistance juga dapat dilakukan untuk mengikis timbunan lemak di perut. Beban juga disesuaikan kemampuan masing-masing.

Meski bisa mengikis lemak di perut, latihan beban sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. “Beri waktu otot-otot untuk istirahat, minimal 24 jam agar tidak terjadi katabolic atau stress otot,” ucapnya mengingatkan.

Untuk latihan Core dan Balance, yaitu beberapa latihan khusus untuk perut juga mampu mengikis timbunan lemak yang ada di perut. Latihan tersebut antara lain crunch dengan berbagai tingkatan, mulai level sedang hingga tinggi dan sit up.

Rara menambahkan, Celebrity Fitness menawarkan beberapa pilihan kelas aerobic yang mengkhususkan untuk latihan perut. Misalnya seperti kelas Belly dance atau Core Motion yang pada kedua kelas ini gerakannya meliuk-liukan tubuh, terutama di bagian perut.
“Gerakan ini berfungsi untuk membentuk otot perut menjadi lebih kencang dan mengurangi lemak dalam perut,” katanya.

Ada pun latihan Functional Training dapat dilakukan dengan cara yang lebih modern dan menyenangkan. Dalam serangkaian latihan ini mencakup beberapa latihan di atas seperti Latihan Core & Balance, kardio, latihan beban dan juga aerobic.

Latihan ini membuat anggota tubuh kita bergerak dengan menggunakan beberapa alat bantu latihan yang memiliki beban tertentu.

“Gerakan-gerakan dalam sesi functional training ini tidak hanya perut yang dilatih, namun sekaligus melatih otot bagian atas dan juga bawah. Sehingga latihan ini dapat menjadi pilihan yang lebih menarik untuk dilakukan,” tuturnya.

Selain latihan yang tepat, menurut Rara, hal lain yang diperlukan agar perut tetap rata adalah menjaga sikap tubuh yang benar. Salah satunya dengan gerakan isometric, yaitu melakukan aktivitas otot tanpa melakukan gerakan.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara membiasakan menarik perut ke dalam saat posisi duduk, berdiri atau beraktivitas ringan. Juga melakukan posisi plank atau telungkup dengan siku sebagai penyangga.

Ditekankan Rara, mengikis timbunan lemak di perut dan mengencangkan otot-otot area perut tidak bisa dilakukan seenaknya. Dibutuhkan tenaga ekstra dan motivasi tinggi, karena latihan yang terfokus pada perut tergolong sulit bagi perempuan.

Sebab, perempuan memiliki homon estrogen yang menyulitkan pengikisan lemak di perut. Hormon estrogen yang memerintahkan tubuh untuk menyimpan lemak di area pinggul dan paha.

Tapi, begitu jumlah estrogen menurun seiring bertambahnya usia, target penyimpanan lemak bergeser ke area perut. Sementara otot-otot area perut juga semakin kendur, sehingga perut terlihat buncit.

“Karena itu perlu disiplin diri untuk rutin berolahraga dan mengontrol asupan makanan dan menerapkan pola makan sehat, dengan mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak konsumsi protein untuk membentuk otot,” pungkasnya.

Ingin punya tubuh sehat dan tampil menarik? SIlakan konsultasi ke trainer berpengalaman di Celebrity Fitness Surabaya yang ada di Supermal Pakuwon lantai 1 (Telp 031-739 0123) atau di Galaxy mall 2 lantai 4 (Telp 031-5999 997). –sum

Posting Terkait