Tularkan Ilmu Jadi ‘Ibu Tangguh’, Dian Sastro : Ayo Kita Biasakan Balikkan Ember!

181 views

Dian Sastrowardoyo (tengah baju merah) bersama para undangan acara gerakan ‘Balikkan Ember’ sebagai Dukungan terhadap Ibu Tangguh Indonesia untuk Melindungi Keluarga yang diadakan Baygon di Wyndham Hotel Surabaya, Kamis (6/4).

iniSURABAYA – Di tengah kesibukannya sebagai artis, Dian Sastro tak bisa mengelakkan tugasnya sebagai ‘pengendali’ rumah tangga. Dia menekankan dalam dirinya tanggung jawab sebagai istri tak bisa dilepaskan begitu saja, khususnya kepada sang pembantu.

Pernyataan itu pula yang selalu diperingatkan oleh ibundanya setiap saat. “Kalau ingin keluarga sehat, tugas kamu adalah memastikan rumah dalam keadaan sehat terlebih dulu,” ucap Dian Sastro mengutip pesan ibundanya.

Dian mengaku tak mudah untuk menciptakan sebuah rumah sehat. Karena itu, dirinya mulai dari hal yang kecil dan sederhana, seperti berdoa sebelum makan atau merapikan ruangan begitu mereka usai bermain.

Menurut Dian, pada saatnya nanti, mereka jadi merasa aneh jika makan tanpa berdoa dulu. Begitu pula usai mainan, mereka harus dibiasakan bertanggung jawab dari kecil membereskan ruangan yang habis digunakan bermain.

“Begitu usai bermain saya ingatkan pada anak-anak agar membereskan mainannya sendiri. Mereka harus merapikan mainan sehingga tempatnya bersih seperti saat sebelum bermain,” tandas putri pasangan Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo (almarhum) dan Dewi Parwati Setyorini ini, Kamis (6/4).

Hadir dalam acara gerakan ‘Balikkan Ember’ sebagai Dukungan terhadap Ibu Tangguh Indonesia untuk Melindungi Keluarga yang diadakan Baygon di Wyndham Hotel Surabaya, Dian mengaku gembira bisa menjadi bagian dari aksi kampanye ‘Ibu Tangguh’ tersebut.

Saat bertemu dengan para undangan yang terdiri dari para ibu rumah tangga itu, Dian mengajak agar kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan rumah ini disebarluaskan.

“Caranya mudah kok. Foto aksi ibu-ibu menginjak ember yang dalam posisi terbalik lalu posting di media sosial dengan taggar #BalikkanEmber,” ucap Dian memberi arahan.

Lulusan Fakultas Sastra Universitas Indonesia ini lalu memberi contoh, dia dan anak-anaknya punya kebiasaan menyiram tanaman di halaman rumah saat pagi dan sore hari. Begitu usai, Dian pasti minta pada anak-anaknya untuk membalik ember yang habis dipakai menampung air untuk menyiram tanaman.

Seperti merapikan ruangan saat usai bermain, lanjut Dian, membalik ember usai menyiram kembang pun menghindari kemungkinan hadirnya nyamuk dalam rumah.

“Nyamuk-nyamuk ini bisa berkembang biak di ember terbuka dan menyisakan air di dalamnya,” kata Dian.

Pemeran Cinta di film Ada Apa dengan Cinta ini menambahkan,“Kuncinya adalah kita harus konsisten jangan berubah karena alasan apa pun, agar anak maupun pembantu jadi bingung yang diikuti aturan yang mana ini.” –sum

Posting Terkait