Mahasiswi Unmuh Surabaya Bikin Lipstik yang Bisa Tahan 5 Jam, Proses Buatnya Ternyata Sederhana

173 views

ILUSTRASI LIPSTIK

iniSURABAYA – Ingin bibir merah merona dan tahan lama? Tak perlu beli lipstik mahal-mahal. Bahkan bikin sendiri pun bisa!

Bahannya pun sederhana, yaitu buah bit. “Buah bit ini terlebih dulu dikupas lalu dipotong-potong. Kemudian dihancurkan pakai juicer atau ditumbuk tanpa air. Setelah itu saring dan ambil sarinya,” begitu papar Lailatul Qodriyah.

Mahasiswa semester 6 FKIP Jurusan Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya ini menambahkan,”Langkah berikutnya adalah mencampurkan sari buah bit itu dengan bahan lain yaitu lip butter (merek apapun di pasaran), minyak zaitun, dan bahan kimia glycerin.”

Setelah dicampur jadi satu, lanjut gadis yang akrab disapa Laila ini, panaskan cairannya sampai mendidih.

“Proses terakhir adalah dinginkan. Lalu siap dikemas dan siap digunakan,” tutur Laila (20) yang asal Probolinggo ini.

Untuk membuat Lipmi, lipstik yang terbuat dari buah bit ini Laila tak sendiri. Dia dibantu Nida Ankhfiyya (18) yang juga mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya.

“Selain bikin bibir merah merona, lipstik ini bisa tahan lima jam,” tegas Nida yang asal Bojonegoro.

Menurut Nida, lipstik ini bentuknya cair seperti liptint. Bila ingin mengubahnya menjadi lipstik padat, hanya perlu menambahkan komposisi lip butter lebih banyak.

Kandungan asam folat pada buah bit dapat mengatasi bibir pecah-pecah, sedangkan zat besi dapat melancarkan peredaran darah.

Minyak zaitun, glycerin, dan lip butter berfungsi agar bibir menjadi lembab. “Kandungan warna merah alami pada buah bit bakal bikin bibir langsung merona lho,” cetus Nida.

Nida dan Laila terinspirasi membuat lipstik ini dari teman-teman mereka yang sering mengeluhkan punya bibir hitam dan pecah-pecah usai menggunakan lipstik.

Usai melakukan penelitian selama sebulan penuh, bulan Februari 2017 kedua mahasiswi itu pun berhasil menemukan kandungan buah bit yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. –sum

Posting Terkait