Menu Buka Puasa Khas Kampung, Pilih Nasi Kebuli, Karedok, Atau Mie Nyengir?

946 views

Menu Nasi Kebuli khas Kampung Arab jadi andalan buka puasa di Hotel Garden Palace Surabaya.

iniSURABAYA – Banyak chef berkreasi di bulan Ramadan ini. Juru masak Hotel Garden Palace Surabaya misalnya, menawarkan konsep ‘kampung’ untuk aneka menu di Green House and Bistro.

Beragam masakan tradisional yang bisa jadi pilihan buka puasa para tamu hingga 25 Juni mendatang. Dan yang menjadi andalan hotel bintang empat ini adalah Nasi Kebuli dan Mie Nyengir.

“Dari bermacam-macam kampung yang ada di Surabaya, kali ini kami angkat kekhasan Kampung Arab yang diwakili oleh hadirnya Nasi Kebuli itu,” ungkap Agung Suharto, Director of Food & Beverage Garden Palace Hotel Surabaya.

Menu Nasi Kebuli kian nikmat karena ada lauk ayam dan kambing. Selain itu, masih ada tambahan kentang dan tomat. “Karena sekarang bulan Ramadan, maka kami sengaja hadirkan nuansa khas Timur Tengah dengan sajian Nasi Kebuli ini,” imbuhnya.

Mie Nyengir yang diracik secara spesial perlu dicoba untuk buka puasa.

Sedang Mie Nyengir nyaris sama dengan masakan khas menu lainnya. Yang membedakan adalah bumbu yang ditambah santan dan racikan cabe di setiap porsi yang dipesan tamu.

Menu spesial lainnya adalah Soto Banjar, Soto Madura, pecel, dan karedok. “Pecel dan karedok ini bahannya sama persis. Bedanya, kalau pecel sayurannya dimasak lebih dulu, sedang karedok sayurannya semua mentah,” beber Agung Suharto.

Tak hanya menu yang dipilih dari berbagai daerah di Indonesia. Suasana Kampoeng Ramadhan di hotel yang berlokasi di Jl Yos Sudarso Surabaya ini pun ditata khas pedesaan.

Minman jamu juga ada di Green Gouse & Bistro Hotel Garden Palace Surabaya.

Titin, salah seorang pengunjung Green House and Bistro Garden Palace Hotel Surabaya berkomentar,“Cara penyajian menu pecel dan karedok yang ditata secara lesehan ini unik, seperti kita beli makanan di kaki lima.”

Wirausahawati sukses Surabaya ini juga menikmati sajian jamu yang disajikan berdekatan dengan lesehan pecel dan karedok. “Saya memang suka beras kencur atau sinomnya,” urai Titin.

Menu karedok dan pecel, menu Soto Banjar dan Soto Madura disuguhkan bersama rombong dengan konsep seperti aslinya.

Begitu pula menu rombong khusus untuk Nasi Goreng Jawa bisa ditemui tepat di pintu masuk Green House and Bistro.

Yang tak kalah menarik adalah sajian Es Gabus dan Es Serut Pelagi sebagai menu penyegar di bulan puasa.

“Mereka yang tinggal di kampung dengan tradisi yang masih kuat tentu akrab dengan dua jenis makanan itu,” cetus Agung. –sum

Posting Terkait