Penyalahgunaan Narkoba Kian Memprihatinkan, Ini Alasan Kepala BNN Jatim Gencarkan Kampanye ke Komunitas Bikers

687 views

Brigjen Pol Fatkhur Rachman, Kepala BNN Jawa Timur (nomor lima dar kiri) dan Kunadi Tanggono, City Manager Citraland (tengah baju oranye) bersama komunitas pehobi bersepeda dalam acara funbike yang diadakan Citraland, Minggu (21/5).

iniSURABAYA – Penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat mengerikan. Bahkan di Jawa Timur, pemakai barang haram ini mencapai 90.000 pertahun.

Menurut Brigjen Pol Fatkhur Rachman, Kepala BNN Jawa Timur, kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah ini mengalami peningkatan 0,02 persen dari seluruh jumlah penduduk Jatim yang totalnya 40 juta jiwa.

Kondisi yang memprihatinkan itu pula yang membuat BNN Jatim makin gencar melakukan kampanye. Strategi yang dilakukan BNN Jatim diantaranya melakukan edukasi ke sekolah, kampus, dan lingkungan masyarakat.

BNN Jatim juga mengagendakan kampanye di lingkungan pekerja. Agenda kegiatan lainnya adalah ikut hadir dalam setiap kegiatan masyarakat termasuk penyelenggaraan funbike seperti yang diadakan Citraland, Minggu (21/5).

Ditekankan oleh Fatkhur Rachman, olahraga sepeda tak hanya untuk kesehatan. “Selain pasti sehat, juga ada unsur wisata, penjelajahan, dan juga kuliner,” katanya.

Manfaat lain yang diperoleh para pehobi sepeda ini, lanjut Fatkhur Rachman, adalah mempererat silaturahmi.

Bertolak dari manfaat yang beragam itulah pihaknya berupaya bisa masuk dan aktif mengampanyekan bahaya penggunaan narkoba.

“Bersepeda kan wahana untuk mengumpulkan masyarakat, khususnya generasi muda yang hobi sepeda,” ujar mantan Kapolresta Kediri ini.

Fatkhur Rachman menegaskan, kampanye anti narkoba seperti itu dianggap efektif. “Sebab, kalau anak muda ini jadi pimpinan yang minimal punya anak buah lima sampai 10 orang, dan mereka menyiarkan bahaya penyalahgunaan narkoba, kan sudah bagus itu,” celetuknya.

Sementara Kunadi Tanggono, City Manager Citraland mengaku gembira atas antusiasme bikers pada kegiatan tersebut. Terbukti, dari target sekitar 500 peserta, ternyata membengkak jadi sekitar 650 peserta.

Ditekankan Kunadi, kegiatan funbike dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional 2017 itu sebagai bentuk kepedulian Citraland pada masa depan generasi muda, khususnya warga Surabaya.

“Kami tak melulu bicara bisnis. Kami juga peduli pada masa depan Kota Surabaya,” tandasnya. –sum

Posting Terkait