Rayakan Ulang Tahun, Komunitas Musisi Rock Ini Sempat Kesasar Ketika Hendak Ziarah ke Makam Ucok

1104 views

Para musisi rock anggota komunitas RockLaw alias Rocker Lawas saat ziarah ke makam musisi legendaris, Gombloh’.

iniSURABAYA – Untuk merayakan ulang tahun yang ke-8, komunitas Rocker Lawas (Rocklaw) menggelar acara yang tak biasa, ziarah ke makam rekan mereka sesama musisi kenamaan Surabaya.

Selama seharian penuh, sekitar 25 musisi dan penyanyo rock ini berkeliling dari makam ke makam mengendarai empat buah mobil.

Makam musisi yang dikunjungi antara lain Vicky Vendy, Gombloh, Ucok ‘AKA’, Pungky Deaz, dan Sari. “Sari memang tak banyak dikenal, tapi di masa hidupnya Sari adalah gitaris terbaik Surabaya,” kata Cacak Ahmad, salah seorang anggota Rocklaw.

Ziarah ke makam musisi Surabaya ini berlangsung mulai pagi hingga menjelang petang. “Sebetulnya masih banyak makam musisi yang belum sempat kami kunjungi. Selain karena jarak makam yang berjauhan, posisi makam juga ada yang tidak kami ketahui, sehingga perlu waktu untuk mencarinya,” ujar Dodon, tokoh Rocklaw.

Rombongan ini bahkan sempat kesasar ketika hendak menuju makam rocker ternama Ucok ‘AKA’. “Lain kali kami ‘investigasi’ dulu biar nggak sampai ke sasar seperti tadi,” ucap Cacak Ahmad.

Musisi yang tergabung di Rocklaw saat ziarah ke makam Ucok ‘AKA’.

Menurut Dodon, aksi ziarah itu sebagai bentuk kebersamaan antar musisi. “Kebersamaan antara musisi yang masih hidup dan juga wujud kami masih ingat pada mereka yang sudah mendahului kita,” papar vokalis Laskar Metal ini.

Aksi ziarah tersebut, lanjut Dodon, mereka tak hanya memberi doa pada rekan yang sudah meninggal lebih dulu. “Dengan ziarah tentu kami makin ingat bahwa satu saat kami juga mati. Dengan ingat mati maka diharapkan makin bersikap hati-hati menjalani kehidupan ini. Harus memperbanyak amalan sebagai bekal mati nanti,” ucapnya.

Dodon menekanan, lewat aksi solidaritas tersebut, mereka ingin tunjukkan pada masyarakat bahwa musisi rock yang selama ini identik dengan sosok yang keras dan menyeramkan lewat tampilan rambut panjang dan tato di sekujur tubuh, ternyata tetap punya ‘hati’.

Di balik aksinya yang selalu garang di panggung itu mereka masih menyisakan kelembutan dan rasa kebersamaan.

“Ziarah ini akan jadi agenda rutin Rocklaw. Jumlah makam yang akan kami kunjungi nanti juga akan ditambah lagi, tentu setelah dilakukan pelacakan terlebih dulu mengenai posisi makam sehingga tidak buang waktu di jalan,” ungkap Dodon.

Selain dalam rangka ulang tahun, ziarah ke makam musisi ini juga menyambut bulan suci Ramadan. Selain ziarah, rangkaian ulang tahun itu juga dimeriahkan dengan konser yang digelar di Colors Pub & Restaurant Selasa (23/5).

Ada tujuh musisi dan penyanyi yang beraksi malam itu, yaitu Laskar Metal, Macan, Rocklaw Star, Pardi Atim, Nunuk Alukard, Elton, serta Duo R.

“Kami tetap konsisten pada visi kami untuk merangkul musisi muda dalam setiap pertunjukan. Rocklaw akan menjadi simbol kebersamaan musisi lintas genre dan usia. Tak ada perbedaan generasi,” beber Dodon. –sum

Posting Terkait