Suka Kacamata Asimetris? Simak Tips Berikut Agar Pas Dipakai Sehari-Hari

993 views

Mata perlu dilindungi dari paparan sinar ultraviolet agar tidak terserang katarak.

iniSURABAYA – Kacamata tak hanya sebuah fashion. Di balik model dan warnanya yang memang beragam, kacamata juga punya fungsi untuk pelindung mata dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Sebab sengatan matahari yang berlebih ini bisa jadi salah satu penyebab timbulnya penuaan berupa kerutan di mata. Solusinya, tak cukup dengan mengoleskan krim, perlindungan dengan kacamata yang memiliki lapisan penangkal UV juga perlu.

Jadi, memilih kacamata itu tidak hanya mempertimbangkan modelnya. Untuk aktivitas yang menuntut seseorang terpapar sinar matahari, pakai kacamata dengan lapisan pelindung UV plus lensa polarisasi.

”Fungsi polarisasi ini bikin nyaman mata dan menangkis sinar matahari yang menyilaukan,” ujar Eunike Freskanta Bukit, Marketing Communication Sunglass Planet di Supermal Pakuwon Indah Surabaya.

Gaya kacamata dengan frame berwarna dan lensa mirror memang sedang diminati. Bentuknya beranek macam, mulai yang klasik atau pun yang asimetris.

Ada yang berbentuk hati, kaca lingkaran dengan lensa warna-warni, serta bentuk apel. Meski terlihat agak nyeleneh, kacamata berbentuk asimetris ternyata banyak pula peminatnya.

“Kalau ingin tampil aman, warna silver dan hitam bisa jadi pilihan. Kacamata ini tetap cocok digunakan untuk penampilan kasual sehari-hari. Sebab, warna netral untuk busana apa pun masuk,” paparnya.

Dia mencontohkan kombinasi warna yang menjadi favorit saat ini. Busana kasual dengan jins dan kemeja putih. Kacamata dengan lensa berwarna soft pink dan bingkai gold dapat menjadi fashion item yang sesuai.

”Segala umur tetap bisa. Itu semua bergantung selera masing-masing,” tegasnya.

Selain warna, ukuran kacamata sering kali menjadi perhatian. Namun, bagi yang punya wajah lebar, disarankan menggunakan kacamata oval dengan lensa lebar.

Sedang bagi pemilik wajah tirus dan kecil sebaiknya memilih kacamata berlensa kecil. Yang berwajah kecil bisa juga mengenakan kacamata berbentuk kotak.

Kacamata untuk fashion itu tidak membutuhkan banyak perawatan. Cukup dilap dengan kain halus setiap hari.

Sesekali juga perlu dibersihkan dengan air pembersih khusus kacamata. Kalau sedang tidak digunakan, lebih baik disimpan di dalam boks. –sum/dbs

Posting Terkait