Kebun Binatang Surabaya Masih Idola Saat Libur Lebaran, Inilah Satwa Favorit Pengunjung

689 views

Naik gajah masih favorit pengunjung Kebun Binatang Surabaya.

iniSURABAYA – Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi favorit masyarakat, terutama saat libur Lebaran seperti sekarang.

Setiap hari KBS dipadati puluhan ribu pengunjung yang datang tak hanya dari Surabaya, melainkan dari berbagai kota di Jawa Timur, bahkan luar Jawa Timur yang kebetulan sedang menikmati mudik Idul Fitri.

Selain menyaksikan aneka satwa, sejumlah kegiatan yang disajikan di area KBS pun menjadi incaran pengunjung, seperti tunggang satwa sampai dongeng satwa, serta live music.

Kegiatan naik gajah dan naik onta misalnya, tak pernah sepi peminat. Ratusan pengunjung harus antre untuk bisa mendapatkan kesempatan naik dan berjalan-jalan dengan satwa purba tersebut.

Padahal untuk naik gajah atau onta ini tidak lah murah. Bagi mereka yang berminat naik gajah atau onta kemudian jalan-jalan berkeliling area KBS selama 15 menit dikenai biaya Rp 25 ribu di luar tiket masuk.

“Anak saya sudah naik tadi, sekarang giliran keponakan juga ingin ikutan keliling naik gajah,” kata Suharno yang mengaku datang dari Semarang dan sedang silaturahmi ke salah satu keluarganya di Surabaya.

“Atraksi ini hiburan sekaligus ada nilai pendidikannya. Anak bisa sekaligus belajar mengenai beragam hewan di KBS,” ujar Nia Sari, pengunjung lainnya yang asal Malang.

Kegiatan lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah naik kereta onta. Juga feeding time and keeper talk bersama rusa dan buaya, animal edutainment, dongeng satwa, musik perkusi, wisata perahu, serta akuarium dengan tampilan baru.

Beberapa waktu belakangan KBS memang melakukan banyak pembenaha, baik dalam bentuk pengayaan jenis satwa maupun revitalisasi kandang buas.

Pembenahan yang dilakukan diantaranya pada kandang monyet dan orang utan. Di kandang dua satwa tersebut diberi tempat bergelantung dan jaring untuk istirahat.

“Aksi satwa itu sering jadi jujugan pengunjung, sehingga perlu diberi sesuatu yang bisa membuat satwa beraksi,” tutur Laily Widya Arisandi, Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS).

Menurut Laily, batas antara kandang dan pengunjung juga sudah dipasang pagar rendah dari bambu.

Selain itu, KBS juga menyiapkan berbagai kegiatan tambahan, termasuk menyediakan 15 kegiatan mulai tunggang satwa sampai dongeng satwa, serta live music.

Berbagai pembenahan tersebut diharapkan bisa membuat pengunjung nyaman, dan otomatis meningkatkan kunjungan ke KBS. –din

Posting Terkait