Pesona Keanggunan Batik Tuban Meriahkan Silaturahmi Idul Fitri ala Lia Afif

1086 views

Aneka busana muslim karya terbaru para desainer Tanah Air diperagakan di Blissful Ramadan di Ciputra World Surabaya.

iniSURABAYA – Batik masih menjadi andalan para desainer untuk merepresentasikan unsur kelokalan.

Begitu pula Lia Afif. Tampil di acara peragaan busana Blissfull Ramadhan yang digelar di Oval Atrium Ciputra World Surabaya (CWS), Lia Afif menghadirkan kreasi terbarunya yang berbahan batik.

Sebanyak 10 rancangan Lia Afif kali ini memakai bahan batik tulis Tuban dengan motif beragam, seperti bunga, garis, dan sulur.

Sedang untuk warna, Lia sengaja memakai warna alami seperti coklat, biru, dan krem. Warna khas ini ditekankan Lia makin terlihat memikat ketika dipadukan bahan lain seperti seruti dan ciffon silk.

Meski begitu, Lia menekankan bahwa untuk busana yang diberi tema Royal Romance ini warna biru sangat dominan. “Semata agar sesuai tema, Royal yang dalam bahasa Inggris bisa bermakna biru atau juga sesuatu yang agung, sedang romance artinya romantisme,” begitu katanya.

Jadi, karya Lia kali ini cenderung bermakna baju yang didesain untuk menampilkan keagungan dan keindahan di balik warna biru. Dan semuanya dia ekspresikan lewat bahan batik sebagai representasi nilai lokal.

“Keindahan busana ini diharapkan membawa romantisme di setiap suasana, terutama saat silaturahmi pada acara buka puasa maupun Lebaran nanti,” bebernya.

Dalam rancangan kali ini, Lia sengaja mengurangi permainan detil dari batuan. Alasannya, warna maupun motif batik tulis yang dia pilih sudah terlihat cantik sehingga tidak perlu ada tambahan yang malah menimbulkan kesan rumit.

Soal desain, Lia lebih banyak menggunakan potongan A-Line yang simple. Meski begitu, beberapa rancangan ada yang menggunakan celana atau tambahan outer sehingga lebih beragam.

Potongan ini mudah digunakan oleh perempuan dengan ukuran tubuh berapa pun dan tetap terlihat cantik karena kesan anggun tetap dimunculkan Lia.

“Secara umum memang A-Line tetapi selalu ada kesan anggun dengan tambahan potongan yang berbeda untuk tiap garisnya. Misal bagian depan dada ada yang seperti segitiga terbalik, kemudian ada balutan kain memanjang dari bagian dada hingga ke bawah,” katanya.

Selain Lia Afif, desainer lain yang turut ambil bagian di acara bertajuk Blissfull Ramadhan itu adalah Errin Ugaru, Lia Soraya, Jenny Tjahyawati, dan koleksi busana Si.Se.Sa.

Blissfull Ramadhan yang berlangsung mulai 13 Mei hingga 25 Juni 2017 ini juga diisi bazaar yang memajang aneka busana muslim di 19 stan.

“Hampir semua yang ditampilkan memang busana hijab, tetapi yang show tidak hanya desainer Surabaya melainkan juga dari Jakarta. Harapannya bisa menjadi alternatif berbusana,” cetus Stephana Fevriera, Promotion Coordinator CWS. –sum

Posting Terkait