Ini Lo Pria Hebat, dari Tukang Parkir Sekarang Memimpin Puluhan Tukang Parkir Valet

826 views

Banyak orang bergantung pada perusahaan yang dikelola Firman Chotib di bisnis jasa parkir valet ini.

iniSURABAYA – Nasib manusia memang misteri Illahi. Tak ada satu pun orang bisa mengetahui apa yang bakal terjadi di masa depannya.

Itu pula yang dialami Firman Chotib, yang semula hanya petugas valet, sopir yang memarkirkan mobil orang lain, kini dia justru menjadi pengusaha jasa valet.

Firman bahkan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Sekarang dia punya tujuh karyawan tetap dan puluhan karyawan tidak tetap.

Selain melayani perusahaan, pria kelahiran Surabaya 1985 ini juga melayani even-even besar.

Perjalanan Firman di bisnis jasa valet ini diawali dengan jadi tukang memarkir mobil di salah satu restoran di Jl Sumatera Surabaya.

Pekerjaan dengan gaji Rp 1,5 juta itu ia lakoni selama satu tahun. “Alhamdulillah, kini saya bisa memiliki perusahaan kecil yang bergerak di bidang valet parking service,” kata Firman sebagaimana dikutip ngopibareng.id.

Saat ditemui di sela-sela melayani tamu Hotel Luminor yang membutuhkan jasa memarkirkan mobilnya, Firman menegaskan, meski menjadi pemilik sekaligus bos perusahaan jasa valet parking Excellent, ia tak segan ikut turun lapangan sendiri memarkirkan mobil tamu.

Hal itu dilakukan setiap saat. Apalagi di saat tamu hotel ramai. Dia ikut turun tangan kembali menjadi sopir tukang parkir sebagai tekad untuk memberi layanan terbaik.

“Jadi, saya masih tetap ikut menjadi petugas valet di lapangan, yang ketika panas kepanasan dan ketika hujan berbasah-basah. Semua saya lakukan bersama pegawai tanpa batas karena saya dulu adalah mereka,” katanya.

Perusahaan Firman yang berada di kawasan Bendul Merisi itu kini melayani dua perusahaan secara tetap. Namun, ia juga menyediakan jasa valet untuk even-even besar. Misalnya, peresmian kantor, launching product, pameran, dan pertunjukan.

Jebolan UPN Surabaya ini mengaku, perusahaan yang didirikan sejak dua tahun lalu itu kini memiliki omset minimal Rp 25 juta per bulan.

Jika banyak even, omset itu pasti bisa meningkat tajam. Dari total omset tersebut, ia mengambil keuntungan antara 10 sampai 20 persen.

Yang menarik, ia melayani jasa valet dengan sistem kontrak tahunan. Dengan hotel yang ada di Jl Raya Jemursari itu ia kontrak berdasarkan jumlah karyawan yang dipekerjakan.

Setiap tamu hotel yang menggunakan jasanya gratis karena menjadi bagian dari pelayanan hotel. Meski jasa parkirnya gratis, tamu tetap bisa memberi tips kepada mereka.

Firman Chotib

Kepada karyawan tetapnya, ia memberi gaji sesuai UMK (Upah Minimal Kota) dan asuransi kerja. “Saya menanamkan ke semua karyawan saya untuk bekerja jujur, ikhlas dan bertanggungjawab. Insyaallah rejeki akan bertambah. Saya yakin itu,” tuturnya.

Dalam merekrut karyawan, ia pun mengaku tidak ribet. Syaratnya mau menjadi saudara dengan teman kerja jujur dan bertanggungjawab.

“Saya memperlakukan semua pegawai saya bukan semata pegawai. Tapi mereka adalah saudara yang tergabung dalam grup, Republik Excellent,” tambahnya.

Firman berharap perusahaan yang memilik moto Wea Are The Specialist ini terus berkembang. Kalau sekarang baru dua lokasi yang dikelolanya secara tetap, ke depan bisa terus bertambah.

Bila lokasi yang dikelola terus bertambah, maka dia membayangkan makin banyak menampung para pencari kerja atau pengangguran.

“Dengan demikian, perusahaan saya ini makin memberi manfaat kepada diri saya, lingkungan di sekitar, dan orang yang membutuhkan,” ujarnya. –ngopibareng/din

Posting Terkait