Kreasi Kekinian Mr D, Kolaborasikan Gawai dengan Rebana, Seperti Ini Hasilnya

918 views

Mr D (kiri main gitar) kolaborasi dengan D_Kadoor yang memukulkan lembaran papan yang sudah dimodifikasi dengan kecanggihan gadget.

Gadget, piranti hasil kecanggihan teknologi ini terus mengusik perhatian Doddy Hernanto. Musisi yang lebih dikenal dengan nama Mr D ini tak hanya memanfaatkan gawai untuk berkomunikasi dan mengunggah data.

Musisi Surabaya ini lebih banyak memadukan kemampuan yang dimiliki gadgetnya dengan sejumlah alat musik. Setelah gitar, kali ini perhatian Mr D terusik pada alat musik tradisional rebana.

Mr D mengaku beberapa bulan belakangan melakukan uji coba dengan berbagai sentuhan hingga pukulan yang membuat rebana atau terbang itu saat dipadukan dengan gawai bisa menampilkan berbagai bunyi sesuai notasi seirama petikan gitar.

Hasilnya, kolaborasi ini menghasilkan harmonisasi yang rancak laiknya pentas musik yang menampilkan berbagai musisi dengan peralatan masing-masing.

Kreasi Mr D ini sempat dipamerkan saat hadir menghibur pengunjung kafe Lambe Toerah Culinary Kekinian, Minggu (9/7) malam. Suasana kian meriah ketika di acara itu tampil pula selebgram d_kadoor.

D_kadoor yang asli Malang itu bahkan sempat dibuat tak berkutik lantaran Mr D memamerkan kemampuannya menirukan gaya suara d_kadoor saat di instagram memakai gadget yang tertempel di gitar spesialnya.

Gaya genit d_kadoor bisa ditirukan persis hanya dengan petikan gitar Mr D yang sudah dilengkapi gawai tersebut.

Kolaborasi Mr D dan d_kadoor ini puncaknya menyajikan lagu tradisional Cublak-Cublak Suweng dan Gundul-Gundul Pacul.

Yang menarik, Mr D tetap memetik gitar, sementara d_kadoor beraksi dengan memukul lembaran papan yang sudah dihubungkan dengan piranti canggih kreasi Mr D sehingga menghasilkan suara seperti pukulan rebana.

Karena kemampuan lebih dari rebana itu pula, Mr D lalu memberi nama alat musik tradisional tersebut ‘Terbang Sakti’.

Mr D saat kolaborasi dengan Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu terpilih memainkan rebana.

Perpaduan bunyi petikan gitar dengan pukulan atau sentuhan pada ‘Terbang Sakti’ itu pertama kalinya ditampilkan Mr D di hadapan sekitar 1.000 siswa SMA/SMK yang merayakan kelulusan di sebuah hotel di Kota Batu pada pertengahan bulan Mei lalu.

Malam itu, pria bernama asli Doddy Hernanto ini berhasil menampilkan inovasi Terbang Sakti dengan gawai yang dia mainkan secara bersamaan.

“Jadi pukulan yang saya lakukan menggantikan petikan gitar,” bebernya.

Mr D mengaku akan rajin masuk ke lingkungan anak muda untuk mengenalkan kreasinya itu. tujuannya adalah untuk mengedukasi melalui gawai.

Dia mengajak generasi muda untuk memanfaatkan gawai menjadi karya yang bermanfaat.

“Saya ingin anak-anak muda bisa berkreasi dengan gawai, dan cerdas di medsos untuk meninggalkan berita hoax,” tandasnya. –sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)