Bikin Tahu Warna Merah? Simak Cara Chef dari Hotel Santika Pandegiling Ini

903 views

Chef Ervin Triana menyajikan menu spesial Pari Santan Merah Putih.

iniSURABAYA – Bulan Agustus yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan ini diisi dengan sajian istimewa bagi pengunjung Hotel Santika Pandegiling Surabaya.

Selama bulan Agustus 2017, Hotel Santika Pandegiling menawarkan paket Buffet Nusantara Merah Putih di Kemangi Restaurant.

Diantara sederet menu racikan juru masak Hotel Santika Pandegiling, yang spesial adalah Pari Santan Merah Putih.

Sajian menu yang mengangkat tema dengan semangat Hari Kemerdekaan racikan Ervin Triana, Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya ini sebetulnya bukan sesuatu yang asing.

Sebab, bahannya memakai ikan pe (pari) yang mudah ditemui di pasar. Selain ikan pari, bahan lainnya yaitu santan, bawang merah, bawang putih, garam, merica, gula, tahu dan buah bit menjadi bahan dasarnya.

Yang beda adalah cara memasak tahunya. Tahu terlebih dulu direndam dengan air dari sari buah bit. Proses merendam ini cukup lama agar warna merah darin buah bit itu benar-benar bisa meresap ke pori-pori tahu.

Sambil menunggu proses perendaman tahu, bisa dilakukan memasak bahan lainnya. Yang bisa diolah adalah memberi bumbu pada ikan pari dengan bahan rempah seperti kemiri, saos, salam, serta daun jeruk, dan ditambah pula dengan cabe merah/ijo.

Prosesnya diawali dengan menumis bawang merah dan putih, lalu masukkan bumbu halus yang telah disiapkan. Berikutnya masukkan daging ikan pari yang telah di bersihkan.

Aduk agar ikan pari dan bumbu tercampur dan mengeluarkan aroma wangi. Setelah itu masukkan santan agar kuah dari sajian hidangan menjadi kental.

Ketika sudah masak, baru masukkan tahu di bagian akhir proses masak Pari Santan Merah Putih ini. Saat menyajikan ditambah nasi putih sehingga menimbulkan perpaduan menarik warna putih dari nasi dan merah yang diperoleh dari tahu hasil rendaman buah bit tadi.

“Saya ingin yang menarik dan unik, dan tercetuslah ikan pari merah putih ini hidangan untuk perayaan hari kemerdekaan. Warna merah yang ada di tahu ini aman untuk dikonsumsi karena memakai pewarna dari buah bit dan manfaatnya cukup banyak,” kata Chef Ervin.

Harga untuk sajian spesial Buffet Nusantara Merah Putih berupa mini buffet, salad, lima main course, dan beberapa dessert ini dipatok Rp 100 ribu dengan diskon 28 persen. Untuk dessertnya terdiri dari aneka kue, pudding, es juice buah. –din

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)