Ratusan Anak Usia SD hingga SMA Adu Ketangkasan Bermain Robot di Ajang Robofest 2018.

835 views

iniSURABAYA – Robot kini tak hanya ‘mainan’ anak-anak lelaki. Di jaman now, yang perempuan pun seakan tak mau kalah. Mereka ikut ambil bagian dalam permainan yang memerlukan konsentrasi ini.

Asyiknya bermain robot ini terlihat di Atrium Lenmarc Mall Surabaya, Rabu (28/2). Siang itu sedikitnya 165 anak usia SD hingga SMA se-Indonesia adu ketangkasan bermain robot di ajang Kompetisi Nasional Robofest 2018.

“Lho kok nggak gerak robotnya?” begitu celetuk Safira begitu melihat mobil robot yang digerakkan oleh remote control itu mendadak berhenti di tengah area permainan.

Meski beberapa kali diutak-atik remote controlnya, robotnya sama sekali tidak beringsut dari tempatnya. Sejenak kemudian, Amanda teman Safira pun berusaha membantu dengan memperbaiki robot tersebut.

“Yah, gagal lagi,” ucap Amanda bernada kecewa saat juri menyatakan waktu yang disediakan untuk permainan sudah habis.

Menurut Safira, baut di salah satu bagian robotnya lepas sehingga menghambat gerakan robot itu. “Robot ini sering kami pakai dan nggak masalah. Sebelum lomba tadi juga sudah diperiksa kok,” papar murid kelas 7 SD Al Azhar Surabaya ini.

Safira dan Amanda yang ambil bagian di katagori Archi Battle itu sudah berusaha memasang kembali baut yang lepas. Tetapi upaya itu tidak membuahkan hasil hingga waktu untuk perlombaan habis.

Kegagalan yang sama dialami Kenza Alberic. Murid kelas 3 Al Azhar 31 Surabaya ini juga harus mengakui keunggulan lawan.

“Menurut saya dia kurang berlatih sehingga tidak terbiasa menggunakan robot saat lomba tadi itu,” ucap Dwi Endah, ibunda Kenza yang menyaksikan anaknya sedang lomba dari balik pagar yang dibolehkan bagi pengunjung. sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)