Kanker Serviks Masih Ancaman Mematikan, Ada Tiga Cara Mengatasinya

1002 views

Manajemen Hotel Fairfield bersama peserta semina Woman’s Day melepas balon di pool area.

iniSURABAYA – Kanker serviks masih menjadi ancaman menakutkan kaum wanita. Sebab, penyakit berbahaya dan mematikan nomor satu di dunia ini tidak diketahui gejalanya.

“Para wanita tidak bisa merasakan dengan jelas gejalanya,” begitu kata Dr Risa Subono saat hadir sebagai narasumber dalam seminar yang diselenggarakan di Studio 1 Fairfield by Marriott Surabaya, Kamis (8/3).

Risa Subono lalu menyatakan ada tiga cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu vaksinasi, pap smear bagi ibu yang sudah melahirkan, atau menggunakan kondom.

“Cara paling efektif adalah vaksinasi dan pap smear. Penggunaan kondom juga perlu dilakukan, sebab tidak menutup kemungkinan terserangnya virus dan masuk ke dalam tubuh wanita saat melakukan seks aktif,” bebernya.

Menurut Risa Subono, vaksinasi dapat dilakukan pada anak berusia 9 tahun ke atas. Sedang untuk pap smear dapat dilakukan hanya dalam 5-10 menit bagi ibu yang sudah melahirkan, minimal. 3 bulan setelah melahirkan.

Selain Dr Risa Subono, forum seminar tersebut juga dihadiri dua narasumber lainnya, yaitu Dr Yuda Utama SpOG, dan Yunita Amd Keb. Keduanya turut  memberikan edukasi mengenai kanker serviks yang disebabkan oleh HPV.

Pada sesi tanya jawab, tampak nyata bahwa masyarakat, terutama staf hotel tersebut masih banyak yang belum melakukan pencegahan terhadap kanker serviks baik vaksinasi maupun pap smear. “Alangkah baiknya untuk masyarakat Indonesia lebih disosialisasikan mengenai dampak dan perlunya pencegahan dini sebelum berakibat fatal di masa depan,” cetus Yuda Utama yang diamini Yunita.

Usai seminar, seluruh undangan diajak oleh Viktor A Sin, General Manager Fairfield by Marriott Surabaya untuk menuju lantai 5. Di pool area yang terbuka itu acara jadi meriah lantaran dilakukan acara pelepasan puluhan balon.

“Aksi ini sebagai wujud simbolis kepedulian kami terhadap International Women’s Day,” tutur Kus Andi, Marcomm Manager Fairfield by Marriott Surabaya. sum

 

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)