Berkat Alat Canggih Ini Suroboyo Bus Bikin Nyaman Para Difabel, Lansia, dan Ibu Hamil

863 views

iniSURABAYA – Pemkot Surabaya mengoperasikan moda transportasi baru, Suroboyo Bus. Selain nyaman dan memiliki berbagai macam manfaat, bus yang resmi dioperasikan sejak Sabtu (7/4/2018) ini juga ramah bagi penyandang difabel, lansia dan ibu hamil.

Pemkot Surabaya telah menyediakan tombol khusus dekat pintu masuk jika dipencet, selanjutnya asisten pengemudi akan membantu penyandang difabel masuk ke dalam bus.

“Suroboyo bus didesain low entry (tinggi pintu masuk yang rendah) sehingga ketinggian pintu bisa sejajar dengan pedesertian,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Untuk rute bus, Irvan Wahyudrajad, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyatakan, bus mulai dari arah Selatan ke Utara yaitu dari Terminal Purabaya hingga Halte Rajawali. Begitu pula sebaliknya dari Halte Rajawali menuju Terminal Purabaya.

“Bus akan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 22.00. Suroboyo Bus dilengkapi aplikasi GoBis untuk melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada,” tegasnya.

Bus ini juga dilengkapi handle untuk pegangan penumpang serta warna bangku penumpang untuk laki-laki dan perempuan. Pada bagian depan berwarna merah muda untuk kaum hawa sedangkan bagian belakang berwarna orange untuk laki-laki.

“Pemisahan area itu untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di dalam bus,” ucapnya.

Selain itu, Irvan juga menambahkan, bahwa hadirnya Suroboyo Bus juga bisa memperlanjar perjalanan anak-anak yang akan menuju ke sekolah masing-masing. “Khusus untuk anak-anak sekolah sebaiknya memang memanfaatkan Suroboyo Bus untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari,” kata Irvan. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)