‘Bola Dunia’ Warna-Warni Bikin Kota Surabaya Makin Cantik

947 views

iniSURABAYA – Kota Surabaya terus mempercantik diri. Setelah pemasangan layang-layang di kawasan Jl Raya Darmo dan lampion di sepanjang Sungai Kalimas, kini suasana kota makin menawan dengan hadirnya bola-bola warna-warni.

Bola ukuran raksasa itu bisa disaksikan di sejumlah pedestrian di pusat kota Surabaya, seperti di Jl Blauran hingga Jl Darmo. Warnanya yang mencolok dan sedap dipandang mata membuat sebagian orang menyempatkan diri untuk berfoto.

“Penempatan bola-bola ini bikin trotoar jadi nyaman dipandang. Sebelumnya kan sudah ada kursi-kursi besi buat istirahat bagi mereka yang capek setelah jalan-jalan,” kata Anandini, mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya.

Sore itu, Anandini bersama teman-teman sekampusnya terlihat asyik berfoto dengan latar bola-bola berdiameter 50 cm tersebut. “Semoga ini bermanfaat bagi pejalan kaki dan tentunya akan semakin banyak anak muda yang akan melakukan foto di sini,” imbuhnya.

Menurut Chalid Buhari, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, bola warna-warni itu terbuat dari beton semen. ‘Bola dunia’ yang berjumlah ratusan buah itu sudah terpasang di sejumlah ruas trotoar, misalnya di sisi timur Jl Urip Sumoharjo, kawasan Jl Adiyawarman, Jl Embong Malang, dan Jl Blauran.

“Tujuan pemasangan bola warna-warni sebagai pengaman bagi pejalan kaki, mencegah sepeda motor melintas di atas trotoar sekaligus memperindah kawasan trotoar di Surabaya,” ujar Chalid.

Rencananya, kata Chalid, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di Surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna yang lain.

“Nanti akan kami cat dan pasang secara bertahap dengan melihat kondisi di lapangan,” tandasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)