Bosan Santap Rujak Uleg Konvensional? Rujak Iga Petis Rawon Kreasi Chef Hotel Santika Pandegiling Ini Patut Dicoba

1173 views

iniSURABAYA – Makanan tradisional makin digemari masyarakat. Apalagi mereka yang menerapkan hidup sehat dan menjauhi menu-menu junkfood.

Menu tradisional inilah yang tak pernah lepas dari sajian juru masak Hotel Santika Pandegiling Surabaya. Dan mulai April 2018, manajemen hotel bintang tiga menghadirkan ragam menu tradisional yang lebih banyak.

Setiap hari ada 30 item menu pilihan yang terdiri dari lauk, sayur atau makanan berkuah. Sedang nasi ada tiga pilihan yaitu nasi kuning, liwet, dan nasi putih, serta lontong.

Yang istimewa, aneka menu tradisional itu dipajang di stall khusus di bawah naungan pergola. “Itu pula program menu ini kami namakan Pergola,” kata Ika Fitri Tunjungsari, Assistant Sales Manager Hotel Santika Pandegiling Surabaya.

Dari sederet menu tradisional yang ada di Pergola ini adalah Rujak Iga Petis Rawon/Soto. Menu makanan ini seperti rujak cingur yang mengandung sayur, buah, serta tempe dan tahu.

Bedanya, lauk cingur diganti iga sapi. “Inspirasinya berasal dari menu rujak cingur yang jadi andalan buffet, dan rawon yang andalan ala carte. Dua menu inilah yang kemudian saya kombinasikan,” tutur Chef Ervin Triana.

Juru masak di Kemangi Resto Hotel Santika Pandegiling Surabaya ini lalu membuka rahasia cara memasak iga sapi sehingga dagingnya bisa lepas dari tulang. Menurut Chef Ervin, iga sapi ini mengalami beberapa proses sebelum dicampur dengan bumbu rujak.

Pertama adalah direbus, kemudian digoreng dan dibakar. “Untuk iga muda cukup direbus selama 30 menit, sedang iga yang sudah tua perlu waktu lebih lama yaitu sekitar satu jam,” bebernya.

Setelah proses pembakaran berakhir, iga sapi ini lalu diolesi rempah-rempah. “Selanjutnya semua proses sama seperti membuat rujak cingur,” imbuh Chef Ervin.

Suguhan spesial Rujak Iga Petis Rawon ini dipatok dengan harga Rp 65.000 net. Ada live cooking saat menguleg menu andalan ini sehingga makin menarik perhatian tamu.

“Jika tamu ingin menikmati Rujak Iga Petis Rawon ini bersama menu-menu tradisional lainnya yang masuk program Pergola maka harga Rp 110.000++,” tandas Chef Ervin.

Harga tersebut sudah termasuk minuman tradisional berupa aneka jamu, seperti kunir asem temulawak, beras kencur, kunci sirih, dan pahitan. Sajian Pergola dengan aneka menu tradisional ini bisa dinikmati di pagi hari pukul 06.00-10.00, siang (12.00-15.00), dan makan malam (18.00-22.00). dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)