‘Cerita Cinta Kebaya’ Kreasi Novita Yunus untuk ‘Kartini-Kartini’ Masa Kini, Pas untuk Acara Formal Maupun Sehari-Hari

1471 views

Kebaya kreasi Novita Yunus dipadukan dengan Batik Pekalongan.

iniSURABAYA – Warna-warni cerah kebaya yang dipadu-padankan batik dari seluruh Nusantara melenggang di De Soematra Surabaya, Selasa (17/4/2018). Busana koleksi Batik Chic yang diperagakan para model itu disuguhkan Novita Yunus selaku desainer Batik Chic untuk memeringati Hari Kartini.

Ada sekitar 20 rancanga gres Novita Yunus disajikan dengan tema besar Cerita Cinta Kebaya untuk Wastra Nusantara. Kebaya dengan warna-warna cerah ini dominan dikombinasikan dengan Batik Tuban dan Batik Pekalongan.

“Saya tidak fokus ke jenis batik dari daerah tertentu. Semua batik dari Nusantara saya angkat, tetapi dominan Batik Tuban dan Pekalongan,” papar Hubungan Internasional FISIP Universitas Padjadjaran, Bandung ini.

Wanita yang akrab disapa Novi ini mengaku, Batik Tuban maupun Pekalongan dikenal motifnya yang klasik. “Tetapi ingin saya tegaskan bahwa batik klasik nggak harus monoton, batik klasik juga bisa dikemas jadi modern sehingga menarik dipakai. Ini semua untuk Kartini-Kartini masa kini,” tandasnya.

Di tangan kreatif Novita Yunus, batik klasi ini bisa pula untuk pakaian kasual. “Dengan sedikit merubah warnanya maka yang klasik ini jadi lebih menarik dipakai untuk segala acara,” urainya.

Kain kebaya kreasi Novita Yunus ini bisa untuk acara formal maupun non formal. “Jika untuk acara formal bisa dipakai dengan batik atau kain polos sebagai bawahan. Sedang bila dipakai di acara non formal dapat dipadukan dengan celana, atau bahkan dengan kain yang dililitkan pun bisa,” begitu sarannya.

Novita menekankan kreasinya tak pernah berupa paket busana tertentu yang tidak terpisahkan. “Busana saya pasti bisa untuk mix n match. Bisa beli satu tapi dapat untuk segala acara,” imbuhnya.

Mengenai ciri khas Batik Tuban maupun Pekalongan, Novita memberi sedikit uraiannya. Untuk Batik Tuban gampang diketahui dari gambar burung-burung yang menghiasi kan dari bahan sutra dan katun tersebut.

Sedang Batik Pekalongan, motifnya adalah kipas dan bunga-bunga. “Ini semua motif batik peranakan,” katanya.

Pentas busana bertema Cerita Cinta Kebaya untuk Wastra Nusantara yang digelar di Surabaya ini diakui Novita menjadi rangkaian kegiatan serupa yang akan dilanjutkan di Jakarta. “Jadi yang pertama saya adakan di Surabaya, nanti di Jakarta diadakan tanggal 21 April,” pungkasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)