Ini Lho Makanan Enak yang Ternyata Berbahaya Bila Diberikan ke Anjing dan Kucing Kesayangan Kita

911 views

iniSURABAYA – Punya hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing memang seru. Hewan peliharaan macam kucing dan anjing memang bisa bikin suasana rumah seru dan meriah.

Tetapi ternyata tidak semua jenis makanan bisa mereka konsumsi. Ada jenis makanan yang justru bisa bikin mereka sakit bila kita berikan sembarangan.

Jenis makanan itu antara lain cokelat, xylitol, anggur, dan kismis. Berikut rincian jenis makanan yang pantang diberikan ke satwa peliharaan, terutama anjing dan kucing beserta akibatnya jika kita berikan ke mereka.

  1. Cokelat
    Cokelat merupakan salah satu makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing dan anjing. Sebab, cokelat mengandung zat theobromine dan zat kafein.
    Kedua zat itu bisa membuat kucing dan anjing keracunan. Kucing dan anjing yang keracunan cokelat biasanya gelisan dan muntah. Jika tidak segera diatasi, kedua hewan itu bisa sakit, bahkan mati.
  2. Xylitol
    Xylitol adalah zat yang suka digunakan dalam permen karet, roti, dan beberapa jenis makanan. Makanan yang mengandung xylitol tidak boleh diberikan kepada hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing.
    Karena Xylitol bisa membuat hewan kekurangan gula darah. Saat kekurangan gula darah, hewan akan lesu, bahkan kejang. Xylitol juga dapat membuat hewan muntah-muntah karena keracunan.
  3. Bawang-bawangan
    Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang tidak boleh diberikan kepada kucing dan anjing.
    Bawang mengandung zat yang bernama organosulfoksida. Zat organosulfoksida bisa membuat sel darah merah pada hewan terurai.
    Hal itu sangat berbahaya untuk kesehatan hewan. Bawang juga dapat membuat kucing dan anjing lemas, muntah-muntah, dan keracunan.
  4. Anggur dan Kismis
    Ada beberapa hewan yang bisa makan anggur dan kismis. Tetapi, ada pula satwa yang tidak bisa makan anggur dan kismis, seperti kucing dan anjing.
    Hewan yang tidak bisa makan anggur dan kismis biasanya akan muntah dan diare. Tak hanya itu, hewan yang tidak bisa makan anggur juga akan kehilangan selera makan, lesu, dan sakit perut. Gejala ini biasanya muncul sehari setelah makan anggur dan kismis.
  5. Kacang Macadamia
    Kacang Macadamia memang enak, apalagi kalau dimakan dengan cokelat. Namun, kacang ini tidak boleh diberikan kepada kucing dan anjing.
    Jika diberikan, kucing dan anjing bisa muntah-muntah, demam, dan tidak bisa mengatur gerakannya. Gejala itu biasanya muncul 12 jam setelah mereka memakan kacang Macadamia.
Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)