Naik Suroboyo Bus Cukup Bayar Pakai Sampah Plastik? Ini Bukan Hoax! Begini Caranya

754 views

iniSURABAYA – Hadirnya Suroboyo Bus diharapkan memberi banyak manfaat bagi warga Kota Surabaya. Selain sebagai solusi mengatasi kemacetan, bus yang dikelola Pemkot Surabaya ini juga punya target mengurangi sampah plastik di Surabaya.

Karena ternyata untuk bisa menggunakan jasa Suroboyo Bus ini penumpang tak perlu membayar dengan uang. “Cukup bawa sampah pastik dari rumah,” tegas Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Bagi penumpang yang akan naik Suroboyo Bus cukup membawa lima botol air mineral bekas ukuran tanggung, atau tiga botol air mineral ukuran besar, dan bisa juga gelas air mineral sebanyak 10 buah.

Sedangkan bagi penumpang yang tidak ingin membawa sampah plastik, dapat menukarkan jenis-jenis sampah di bank sampah, drop box halte dan drop box terminal Purabaya yang telah bekerjasama dengan DKRTH.

“Tukarkan sampah dengan kartu setor sampah untuk ditukar dengan tiket. Dengan begitu, penumpang bisa berkeliling Surabaya selama dua jam secara gratis,” katanya.

Menurut Risma, nantinya sampah-sampah plastik yang telah terkumpul diolah dengan baik dan benar dan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. “Ini bentuk komitmen kami dalam menanggulangi sampah plastik yang sifatnya tidak bisa hancur ratusan tahun,” papar mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya ini.

Ditambahkan pula, saat ini pihaknya telah melibatkan tiga bank sampah untuk membawa hasil setor sampah dari halte serta terminal, diantaranya bank sampah induk Surabaya, Bintang Mangrove dan Pitoe.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Suroboyo Bus yang mulai dioperasikan Sabtu (7/4/2018) ini menempuh rute dari arah Selatan ke Utara, yaitu dari Terminal Purabaya-Halte Rajawali, dan sebaliknya dari Halte Rajawali menuju Terminal Purabaya. sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)