Tak Perlu Ragu, Suroboyo Bus Dilengkapi Peralatan Canggih Seperti Ini Sehingga Bikin Nyaman Penumpang

888 views

iniSURABAYA – Tak hanya untuk mengurai kemacetan di Kota Surabaya. Hadirnya Suroboyo Bus yang resmi dioperasikan mulai Sabtu (7/4/2018) juga diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan. Bus dengan kapasitas 67 orang ini punya sistem keamanan canggih sehingga diyakini bisa menekan terjadinya kecelakaan.

Bus senilai Rp 2,4 Miliar ini, juga tak hanya nyaman saat digunakan, tapi masih banyak kecanggihan lain. “Bus ini terkoneksi langsung dengan Surabaya Intelejen Transportasi System (SiTS), dan teknologi yangkita pasang juga sangat canggih,” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Menurut Irvan Wahyudrajad, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Suroboyo Bus punya sistem keamanan saat melintas, karena transportasi massal ini terintegritas dengan sistem pengaturan lalu lintas jalan. “Lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. Pusat kontrol ada di Terminal Bratang dan Joyoboyo,” ungkapnya.

Suroboyo Bus juga dilengkapi 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera-kamera ini untuk memberikan rasa aman bagi penumpang.

Pada pintu bus terdapat sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, pintu tidak akan tertutup dan bus tidak akan berjalan. Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter ini dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan.

“Pengemudi bus dapat menekan tombol dan alarm akan berbunyi lalu pintu bus akan terbuka secara otomatis,” bebernya. dit

Berikut kecanggihan Suroboyo Bus:

  1. Memiliki 12 CCTV
    CCTV ini diharapkan bisa mencegah pelecehan seksual kepada penumpangnya. Manfaat lain dari kamera pengintai ini juga mengurangi kejahatan atau copet yang biasanya masuk ke angkutan umum. Sehingga penumpang kini tak perlu resah jika menggunakan angkutan umum, karena memiliki keamanan yang mumpuni.
  1. Menampung lebih banyak penumpang
    Bus pada umumnya memiliki kapasitas 55 kursi, bahkan bisa juga kurang dari itu. Tapi Suroboyo Bus memiliki kursi yang lebih banyak, yakni 67 tempat duduk yang didesain khusus untuk penumpangnya.
  1. Suspensi Dapat Diatur
    Biasanya bus memiliki ketinggian 40 cm dan menyulitkan penumpang anak kecil untuk turun. Suroboyo Bus milik Pemkot Surabaya ini dapat diatur ketinggian suspensinya jika hendak menurunkan penumpang.
    Pada saat menurunkan penumpang bus ini bisa menurunkan suspensinya hingga berjarak 25 cm dari aspal jalan. Dan saat beranjak jalan suspensi bus ini otomatis naik menjadi 35 cm agar tidak mengenai speed trap.
  1. Pintu yang dapat terbuka sendiri
    Untuk kenyamanan penumpang, pintu bus akan terbuka secara otomatis dan jika tangan penumpang mengenai sensor pintu akan terbuka secara otomatis agar tidak terjepit, dan jika pintu belum tertutup maka bus ini tidak akan berangkat.
  1. Mempunyai Panic Button
    Suroboyo Bus juga memiliki teknologi panic button. Dan ketika ada kebakaran, sekali ditekan tombol secara otomatis pintu akan terbuka, aki serta mesin secara otomatis mati.
Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)