Gaya Gravitasi Bumi-Matahari Jadi Inspirasi Cecilia Widjaja, Hasilnya Busana yang Unik Seperti Ini

805 views

iniSURABAYA – Desainer seperti juga seniman bisa mendapatkan gagasan atas karyanya dari apa pun yang terjadi di sekitarnya. Itu pula yang dialami desainer Cecilia Widjaja yang mengangkat tema Gravity untuk karyanya kali ini.

Gravity atau gravitasi bumi, diakui Cecilia, terinspirasi oleh gerakan bumi atau planet-planet lainnya yang mengitari matahari. Maka busana yang dikreasikan pun dalam bentuk putaran yang menyerupai rotasi planet bumi atas matahari.

Untuk warna pun sengaja dipilih hitam dan keemasan. “Seperti alam semesta, galaksi atau angkasa itu kan gelap,” begitu paparnya.

Warna hitam ini dikombinasi dengan gold sebagai representasi pancaran sinar matahari. Dan untuk mengesankan percikan bintang, Cecilia menggunakan kristal Swarovski dan pearl.

Sedang kain yang digunakan adalah bahan yang cenderung lentur seperti velvet dan sifon. “Tujuannya adalah agar enak saat dipakai,” katanya.

Untuk ‘mengolah’ busana agar jadi seperti yang diinginkan, diakui Cecilia sangat tidak mudah. Karena itu dia merancang bentuk busana itu langsung menggunakan patung manekin.

“Saya gunakan teknik draping sehingga mudah membentuknya,” ungkap Cecilia.

Dengan teknik ini maka gaun yang dirancangnya bisa membentuk tubuh jadi terlihat ramping. “Hasilnya adalah busana yang slim dan mermaid,” tegasnya.

Tampilan busana ini kian mempesona lantaran pancaran sablon keemasan yang diproses tanpa mesin. “Semuanya hand made,” urainya.

Karena tingkat kesulitan yang tinggi itu pula, Cecilian memaparkan, dalam sebulan hanya bisa menyelesaikan dua busana. Padahal untuk gabung di pentas Surabaya Fashion Parade kali ini Cecilia menyajikan 12 looks

“Kreasi busana ini makin tidak mudah karena modelnya dibuat 3 dimensi,” ucapnya menambahkan.

Surabaya Fashion Parade kali ini dimeriahkan oleh sedikitnya 60 desainer terkemuka Tanah Air. Panggung istimewa bagi para penikmat fashion yang mengusung tema besar UN11TÉ ini berlangsung selama 5 hari (Rabu-Minggu, 2-6/5/2018) di Chamelleon Hall Tunjungan Plaza 6 lantai 5 Surabaya.

Setiap hari terdapat lima tema berbeda untuk memeriahkan SFP 2018, yaitu Ethnic pada hari pertama, Cocktal di hari kedua, Moslem & Modest Wear pada hari ketiga, Glamorous Party di hari keempat, ditutup dengan ragam busana bertema Urban di hari kelima. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)