Agar Aman Berkendara Helm Sebaiknya Tak Sekadar Penutup Kepala, Kenali Tanda-Tanda Berikut Ini

1092 views

Ilustrasi – Lindungilah kepala menggunakan helm yang sesuai standar nasional atau bahkan standar internasional.

iniSURABAYA – Helm yang selalu dipakai saat mengendarai motor seharusnya memang tak cuma sebagai tutup kepala. Atau formalitas daripada kena tilang aparat kepolisian.

Helm, sebagai pelindung kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan pun beragam bentuk dan bahannya. Tak heran bila helm tertentu harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan rupiah.

Helm dengan harga tinggi ini memiliki berbagai teknologi guna membuat kepala tetap aman meski mengalami kecelakaan. Tak jarang sisi safety dari helm premium ini menjadi salah satu pertimbangan calon pembelinya.

Helm-helm premium ini dipastikan sudah melalui uji kelayakan dan sertifikasi dari berbagai instansi keselamatan berkendara.

Ilustrasi – Helm dengan standar DOT.

Di Indonesia standar keamanan ditentukan oleh status SNI (Standar Nasional Indonesia), sedangkan Amerika Serikat dinilai oleh Departemen Transportasi setempat atau biasa dikenal dengan status DOT.

Selain itu, ada pula lembaga independen dari Negeri Paman Sam yang menentukan standar keamanan sebuah helm, yaitu SNELL. Supaya bisa lolos uji yang dilakukan, helm harus terbuat dari bahan yang baik.

Biasanya, shell atau batok helm premium terbuat dari LG polikarbonat. Bahkan ada yang terbuat dari serat karbon sehingga tetap aman namun tidak terlalu berat.

Selain itu juga terdapat sistem quick-release seandainya penggunanya terlibat kecelakaan.

Selain keamanan, sisi kenyamanan juga tak luput dari perhatian. Visor dibuat cerah dan tidak mudah baret ketika terkena berbagai benda asing di jalan.

Bagian interior pun terbuat dari bahan pilihan. Suara angin dan keadaan di sekitar pengendara juga bisa diminimalisir. Tersedia pula ventilasi guna menjaga suhu kepala tetap sejuk.

Yang perlu diingat, helm premium tak selalu diproduksi oleh pabrikan luar negeri. Beberapa produk Indonesia juga telah memiliki kualitas yang mirip bahkan menyamai helm impor. sum/dbs

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)