Gunung Merapi Erupsi, Jadwal Penerbangan Lion Air Group Terganggu

686 views

iniSURABAYA – Kondisi Gunung Merapi yang masih sempat mengalami erupsi membuat kondisi penerbangan di Bandara Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, dan di Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo, Surakarta (Solo) mengalami gangguan.

Akibatnya, operasional di dua bandar udara yang ada di Jawa Tengah itu sempat ditutup hingga pukul 18.30 WIB pada Jumat (1/6/2018). “Penutupan operasional bandara ini sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) bernomor B3949/18,” tegas Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air.

Danang menegaskan pula,”Kondisi itu dikarenakan dampak erupsi dan aktivitas Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah dan Yogyakarta yang mengalami peningkatan.”

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, lanjut Danang, operasional Lion Air Group mengalami penyesuaian dengan kondisi tersebut. Situasi yang terjadi berpotensi menyebabkan keterlambatan kedatangan dan penundaan waktu keberangkatan (delayed).

“Lion Air Group menginformasikan bahwa material abu vulkanik atau volcanic ash dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan,” katanya.

Lion Air Group, lanjut Danang, telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalannya dan akan memperbarui informasi sesuai perkembangan. Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah bandar udara di Semarang dan Solo dinyatakan aman untuk penerbangan.

“Lion Air Group menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional,” tutur Danang.

Ditambahkan pula, bahwa Lion Air Group menghimbau kepada pelanggan dan masyarakat, untuk mengetahui perkembangan berikutnya hanya mengacu pada informasi yang diberikan secara resmi oleh Lion Air Group dan pihak terkait/ berwenang. dit

Informasi jaringan penerbangan Lion Air (kode penerbangan JT), Batik Air (kode penerbangan ID) dan Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group yang terkena dampak, sebagai berikut:

Dari dan ke Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang (SRG) :
 Lion Air JT542 Semarang – Banjarmasin
 Lion Air JT516 Cengkareng – Semarang
 Lion Air JT517 Semarang – Cengkareng
 Lion Air JT502 Cengkareng – Semarang
 Lion Air JT503 Semarang – Cengkareng
 Lion Air JT514 Cengkareng – Semarang
 Lion Air JT515 Semarang – Cengkareng
 Batik Air ID7556 Semarang – Jakarta Halim Perdanakusuma
 Batik Air  ID7557  Jakarta Halim Perdanakusuma – Semarang
 Wings Air IW1897 Surabaya – Semarang
 Wings Air IW1834 Semarang – Surabaya
 Wings Air IW1896  Bandung – Semarang
 Wings Air IW1897 Semarang – Bandung

Dari dan ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo (SOC) :
 Lion Air JT848 Solo – Palangkaraya
 Lion Air JT538 Cengkareng – Solo
 Lion Air JT925 Denpasar – Solo
 Lion Air JT849 Palangkaraya – Solo
 Batik Air ID7040 Solo – Jakarta Halim Perdanakusuma

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)