Kena ‘Teror’ Jerawat? Berikut Fakta yang Perlu Kita Tahu Agar Terhindar dari Jerawat

284 views

iniSURABAYA – Jerawat memang bikin tampilan wajah jadi kurang menarik, dan tentu bikin tidak nyaman. Untuk menghilangkan jerawat yang sering ‘menyerang’ cowok maupun cewek ini ternyata susah-susah gampang.

Bisa jadi ada fakta-fakta yang belum kamu ketahui, yang justru jadi pemicu timbulnya jerawat. Apa saja itu?

Yang pasti, penyebab jerawat timbul adalah akibat kondisi kulit yang berminyak berlebih dan sel kulit mati. Produksi minyak berlebih yang berpadu dengan sel kulit mati akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Hal itulah yang membuat bakteri berkembang dan menyebabkan iritasi. Meski demikian, upaya membasuh wajah dengan air yang berlebihan juga tidak bagus dan malah bikin kulit jadi kusam.

Pastikan mencuci muka sesuai dengan aturan yang tertera pada sabun mukamu. Selain itu, perhatikan juga sabun dan jenis kulit kita, apakah cenderung kering atau berminyak.

Yang tak kalah penting adalah, kita juga harus ingat bahwa sabun muka memiliki bahan kimia yang berbahaya jika dipakai terlalu sering.

Jerawat memang tidak mengenal rentang usia. Artinya jerawat bisa dialami siapa saja.

Setiap orang bisa berjerawat, berapa pun usianya. Hanya saja, usia remaja lebih rentan berjerawat karena hormon penyebab jerawat sedang meningkat. Karena itu, jaga terus kulit wajah agar tetap bersih.

Yang juga bikin tidak nyaman adalah jerawat tidak mengenal tempat. Jerawat tak hanya tumbuh di wajah. Jerawat juga bisa tumbuh di daun telinga, punggung, dada, tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

Penyebabnya adalah karena hormon dan bakteri bisa menyebar ke bagian tubuh mana pun. Karena kulit wajah lebih banyak berminyak, maka dari itu wajah lebih sering berjerawat.

Berikut lima fakta lain terkait jerawat :
1. Perhatikan bahan kosmetik yang kita pakai sehari-hari

Buat sebagian perempuan, penggunaan kosmetik itu penting banget. Namun, perhatikan juga cara pemakaian dan menghapusnya. Biasanya jerawat akan tumbuh jika pori-pori tersumbat.

2. Benda-benda yang bersinggungan dengan muka juga berperan menumbuhkan jerawat Contohnya adalah telepon seluler, kacamata, sarung bantal, dan rambutmu. Dari benda-benda itu lah banyak tersimpan kotoran, bakteri, dan minyak.
Maka kita harus menjaga kebersihan benda-benda yang sering kita gunakan dan punya potensi bersinggungan dengan kulit kita.

3. Paparan sinar matahari ternyata baik untuk mencegah jerawat
Sediakan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk berjemur di bawah matahari. Aktivitas berjemur ini bisa dilakukan pada pagi hari. Meski begitu, jangan terlalu lama. Hal itu bisa bikin kulit makin buruk dan menggelap.

4. Memegang dan memencet jerawat juga bikin jerawat tumbuh
Jerawat memang bikin gatal. Kadang hal ini membuat kita tidak sadar memegang dan memencet jerawat. Langkah tersebut ternyata berisiko. Kalau tangan kita kotor, bakteri yang ada berpotensi pindah ke pori-pori muka dan membuatnya infeksi.

5. Lebih baik biarkan jerawat masak dan pecah dengan sendirinya
Setelah kering, jerawat akan menghilang dengan sendirinya dan tidak meninggalkan bekas. Ini lebih baik daripada kita mati-matian pencet jerawat lalu pada akhirnya menimbulkan bekas juga.

Dari fakta-fakta tersebut, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter kulit bila upaya awal untuk menghilangkan jerawat ini tidak membuahkan hasil. sum/dbs

Posting Terkait