Nonton Konser Musik Bisa Tambah Umur 9 Tahun? Begini Penjelasannya

898 views

ILUSTRASI – Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa lampu, teriakan dan denyut jantung yang tinggi semuanya mengarah pada peningkatan harapan hidup seseorang selama beberapa tahun.

iniSURABAYA – Ini kabar baik, terutama bagi mereka yang selama ini tak suka menyaksikan pertunjukan musik. Sebab, ternyata menonton konser justru bisa memberikan manfaat pada kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UK music and entertainment venue O2 and Goldsmith’s University associate, Patrick Fagan mengungkapkan bahwa menghadiri pertunjukan bisa meningkatkan harapan hidup seseorang hingga sembilan tahun.

Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa lampu, teriakan dan denyut jantung yang tinggi semuanya mengarah pada peningkatan harapan hidup seseorang selama beberapa tahun.

Penelitian ini menggunakan hasil tes denyut jantung psikometri untuk mengukur manfaat kesehatan antara tiga kegiatan, yakni menghadiri pertunjukan, yoga dan berjalan dengan anjing.

ILUSTRASI – Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa lampu, teriakan dan denyut jantung yang tinggi semuanya mengarah pada peningkatan harapan hidup seseorang selama beberapa tahun.

Pertunjukan selama 20 menit bisa meningkatkan ‘perasaan kesejahteraan’ seseorang sebesar 21 persen, yang menggandakan efek dari melakukan yoga (peningkatan 10 persen sederhana) dan tiga kali lebih banyak daripada berjalan dengan anjing (peningkatan tujuh persen).

Studi ini menemukan bahwa perasaan harga diri meningkat 25 persen, sementara kedekatan dengan yang lainnya meningkat 25 persen. Menghadiri konser juga sepertinya meningkatkan stimulasi mental hingga 75 persen.

“Menggabungkan semua temuan kami dengan penelitian O2, kami tiba pada hal yang bisa membuka jalan bagi hampir satu dekade lebih tahun kehidupan,” kata Fagan, seperti dilansir laman India Times.

Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa ada sesuatu tentang berbagi pertunjukan langsung dengan orang lain yang menghasilkan manfaat kesehatan ini.

Lalu, bagaimana jika menonton pertunjukan musik ini digabungkan dengan sesi yoga, apakah harapan hidup seseorang bisa tambah panjang lagi? Tampaknya, penelitian mengenai hal ini bisa menjadi bahan bacaan menarik.

Namun, setidaknya kini perlu dipertimbangkan untuk mempersiapkan waktu dan uang, kemudian mencari agenda pertunjukan musik. sum/dbs

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)