Grup Musik Kanada Ini Pesan Guiharpulele ke Seniman Bali, Gitar Satu-Satunya di Dunia Itu Punya Keunikan Begini

1142 views

Personel Walk Off The Earth

iniSURABAYA – Satu lagi karya anak bangsa dapat pengakuan musisi mancanegara. I Wayan Tuges, seniman asal Bali diminta secara khusus membuat gitar unik oleh Walk Off The Earth, band yang populer dengan meng-cover lagu-lagu pop dan diunggah ke media sosial YouTube.

Unggahan terbaru dari band indie asal Kanada ini adalah video cover yang menampilkan aksi mereka membawakan lagu Maroon 5 berjudul ‘Girls Like You’ pada 10 Juli 2018. Yang spesial dalam video tersebut kelima personel Walk off the Earth memainkan secara keroyokan alat musik berbentuk gitar.

Informasi yang diperoleh iniSurabaya.com, gitar unik yang mereka mainkan adalah karya I Wayan Tuges. Luthier –sebutan bagi perajin gitar—asal Bali ini mendapat pesanan dari Walk off the Earth berupa gitar yang dinamai Guiharpulele.

Guiharpulele merupakan perpaduan beberapa alat musik dalam satu wadah. Alat itu terdiri dari gitar, harpa, ukulele, washboard, dan kalimba. Untuk memainkannya dilakukan secara keroyokan.

Mr D sedang memainkan Guiharpulele

Tuges memerlukan waktu sekitar lima bulan untuk menyelesaikan Guiharpulele ini. Dan sebelum dikirim ke pemesan, karya monumental itu terlebih dulu diuji kelayakannya oleh Mr D.

“Uji kelayakan Guiharpulele ini dilakukan melalui beberapa tahapan,” kata Mr D, musisi asal Surabaya yang juga sahabar dekat Tuges ini.

Menurut Mr D, pengujian dilakukan menggunakan alat khusus, baik menyangkut bahan yang dipakai hingga layak suaranya. “Guiharpulele yang memadukan lima jenis alat musik ini satu-satunya di dunia,” tegasnya kepada iniSurabaya.com.

Setelah melalui proses panjang tahapan uji kelayakan, Guiharpulele yang harganya sekitar Rp 130 juta itu dikirim ke pemesan pada Juli tahun lalu. “Gitar dan pemesannya pas. Gitarnya terunik di dunia dimainkan oleh grup band yang juga fenomenal,” ujar musisi yang aslinya bernama Doddy Hernanto ini.

Mr D yang juga sering dapat julukan pemetik gitar satu jari ini menambahkan,”I Wayan Tuges tak hanya seorang perajin gitar. Karyanya unik, dengan ukiran indah dan khas, serta suara merdu yang keluar dari gitar. Indonesia patut berbangga dengan karya sang luthier asal Bali ini. Apalagi karyanya sekarang dipakai oleh band kelas dunia seperti Walk Off The Earth.” dit

Bali Girls Like You Guiharpulele I Wayan Tuges Maroon 5 Mr D Surabaya Walk Off The Earth

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)