Inilah Seni Kreasi Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia, Catat Tanggal dan Tempatnya

920 views

Mahasiswa STKW Surabaya menampilkan seni tradisi Madura kreatif ‘Kek Bengal’ di Festival Kesenian Indonesia X.

iniSURABAYA – Festival Kesenian Indonesia (FKI) yang didukung sembilan perguruan tinggi kesenian di Indonesia bakal digeber selama tiga hari mulai Sabtu (7/7/2018). FKI ke-10 ini akan digelar di sejumlah lokasi yaitu di Taman Candra Wilwatikta, Kampus STKW Surabaya, dan Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya.

Sebanyak 300 peserta dari sembilan perguruan tinggi kesenian akan memeragakan ketrampilan masing-masing.

“Semua tampil sesuai ciri khas masing-masing. Tak ada penyeragaman budaya. Karena acara ini memang untuk mendorong kebudayaan agar tumbuh dengan baik sesuai habitatnya,” tegas H Jarianto MSi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Kamis (5/7/2018).

Ditemui iniSurabaya.com di Kampus STKW Surabaya, Jarianto menambahkan bahwa  kesenian merupakan aktualisasi peradaban. Karena itu, lanjutnya, local genius harus tumbuh dengan baik.

Agenda kegiatan FKI X yang mengangkat tema Seni, Identitas, dan Realitas ini antara lain berupa pameran seni rupa, gelar seni pertunjukan, workshop, seminar nasional dan internasional, serta pemutaran film.

Pembukaan FKI X yang diadakan di Taman Candra Wilwatikta, Sabtu (7/7) nanti menampilkan kolaborasi sembilan perguruan tinggi seni se-Indonesia. selain itu juga ada sendratari kolosal dari siswa-siswa STKW Surabaya dan ISI Denpasar.  dit

Agenda FKI X lainnya adalah:
Minggu-Senin : 8-9 Juli 2018
Kampus STKW Surabaya : Seminar Nasional
Taman Budaya Jawa Timur : Gelar Seni Pertunjukan yang menampilkan atraksi dari ISBI Tanah Papua, ISBI Aceh, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISBI Bandung, ISI Padang Panjang, ISI Surakarta

Minggu-Rabu : 8-11 Juli 2018
Kampus STKW Surabaya : Pameran Seni Rupa Mahasiswa
Taman Budaya Jawa Timur : Pameran Seni Rupa Master

Senin : 9 Juli 2018
Kampus STKW Surabaya : Workshop Tari, Teater, Seni Rupa
Studio XXI Ciputra World : Workshop dan Pemutaran Film

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)