Masih Pakai Gawai Jadul? Siap-Siaplah Kehilangan Aplikasi WhatsApp

844 views

iniSURABAYA – Bagi pengguna WhatsApp (WA) wajib mengganti gawainya bila ingin tetap menggunakan jejaring media sosial tersebut. Sebab, WA memastikan akan menghentikan layanan bagi smartphone jadul.

Informasi yang dirilis Daily Mail (20/6/2018) menyebutkan bahwa bagi mereka yang masih memakai telepon seluler (ponsel) pintar tipe lawas tidak lagi dapat mengirim atau menerima pesan melalui WA.

WA menyatakan akan terus menambahkan fungsionalitas baru pada aplikasinya. Namun, bagi ponsel pintar yang masih menggunakan system operasi lama dipastikan tidak dapat mereplikasi fitur-fitur baru.

Aplikasi pesan milik Facebook ini akan menghentikan layanan untuk iOS 7 mulai 1 Februari 2020. Akibatnya, pengguna WA dengan iPhone 4 atau yang lebih tua tidak bisa menggunakan WhatsApp.

Jika tidak mengganti ponsen pintarnya, pengguna bisa menggunakan alternatif aplikasi pesan lain. “Untuk tujuh tahun mendatang, kami ingin memfokuskan upaya kami pada platform seluler yang digunakan sebagian besar konsumen,” begitu ungkap pihak WhatsApp.

Tenggat waktu yang sama diberlakukan WA bagi pemilik ponsel pintar jenis Android, khususnya yang menjalankan versi 2.3.7 atau lebih lama, yang dikenal sebagai Gingerbread.

Mulai hari ini, WhatsApp telah menghentikan pengguna baru yang mengatur akun dengan layanan perpesanan di iOS 7 atau Android Gingerbread.

Berdasar data terbaru Google, 0,3 persen dari semua pengguna perangkat Android masih menjalankan Gingerbread. Jumlah itu sekitar 6 juta ponsel pintar dan tablet aktif yang didukung oleh sistem operasi tersebut.

WhatsApp telah memperingatkan bahwa beberapa fitur dapat berhenti bekerja setiap saat mulai dari sekarang hingga batas akhir pada awal 2020. Aplikasi pesan itu secara berkala menghentikan layanan untuk sistem operasi yang lebih lama.

“Karena kami tidak lagi aktif mengembangkan sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi setiap saat,” begitu rilisan yang dikutip dari laman blog WhatsApp.

“Meskipun perangkat telah menjadi bagian penting kami, mereka tidak menawarkan jenis kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa mendatang”.

Menurut laman Independent, pada 1 Januari 2018, WhatsApp menghapus layanan untuk ponsel yang menjalankan OS BlackBerry, BlackBerry 10 dan Windows Phone 8.0. Sehingga konsumen tidak dapat mengirim atau menerima, bahkan mengunduh aplikasi itu.

“Ini adalah keputusan yang sulit bagi kami, tetapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintai menggunakan WhatsApp.” dit/dbs

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)