Meramu Beragam Genre Musik, Jungle By Night Sapa Warga Surabaya

1063 views

Personel Jungle by Night saat latihan untuk pementasan mereka di Suara Surabaya Center, Rabu (25/7/2018) malam.

iniSURABAYA – Bagaimana bila beragam jenis musik macam funk, hip hop, rock, dan EDM digabung menjadi satu? Sembilan orang musisi muda asal Belanda yang tergabung dalam grup musik bernama Jungle by Night ini pun tak bisa memberi jawaban tegas.

Yang pasti Jungle by Night yang bermarkas di Carre, Amsterdam ini merasa nyaman menghadirkan kemasan musik dalam beragam genre. “Saya dapat pengaruh musik yang banyak sekali. Itulah yang kemudian kami coba ekspresikan lewat musik Jungle by Night,” kata Sonny Groeneveld, drummer Jungle by Night kepada iniSurabaya.com, Rabu (25/7/2018).

Ditemui sesaat sebelum pentas di Suara Surabaya Center, Sonny menambahkan, grup musik yang dibentuknya sekitar sembilan tahun silam ini memang berbeda dengan kelompok musik lainnya. “Kami sudah bermusik sejak masih SMA. Saya suka semua jenis musik, khususnya musik Afrika,” tutur Sonny.

Keinginan kuat untuk bermain musik secara serius itu pula yang kemudian membuat Sonny bersama saudaranya, Gino Groneveld mencari ‘teman bermain musik’. Upaya Sonny akhirnya membuahkan hasil.

Selain Gino yang menempati posisi sebagai pemain perkusi, Jungle by Night diperkuat oleh Tienson Smeets (perkusi), Bo Floor (trumpet), Pieter van Exter (tenor saxophone), Pyke Pasman (keyboard), Jac van Exter (gitar), Ko Zandvliet (trombone), dan Peter Peskens (bas).

Malam itu Jungle by Night yang tampil dalam pementasan hasil kerjasama Erasmus Huis (Pusat Kebudayaan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda) dan Yayasan Caraka Mulia (Pusat Bahasa & Budaya Indonesia-Belanda) ini menghadirkan sekitar 10 komposisi.

“Beberapa lagu kami ambil dari album baru yang akan rilis bulan November nanti. Jadi ini kesempatan juga mengenalkan album kami ke warga Surabaya,” ujar Gino yang turut mendampingi Sonny saat wawancara dengan iniSurabaya.com.

Di tempat yang sama, Sumi Wijogawati, Project Leader Erasmus Huis menyatakan, sebelum ke Surabaya Jungle by Night tampil di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (23/7/2018). Saat di Jakarta, Jungle by Night sempat kolaborasi dengan kelompok musik Indonesia Percussion Experimental.

“Pertunjukan ini merupakan bagian dari pertukaran budaya Indonesia-Belanda,” ungkapnya. Setelah menyapa penikmat musik Surabaya, Jungle by Night melanjutkan aksinya di panggung Jazz Gunung Bromo, Jumat (27/7/2018). dit

amsterdam belanda erasmus huis jakarta jungle by night kalimantan kota malang suara surabaya center Surabaya yayasan caraka mulia

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)