Senam Yoga Tidak Ribet dan Bisa Dilakukan Dimana Saja, Ini Manfaat Lain Yoga

1205 views

Gerakan senam yoga tak beda dengan senam biasa. Tampak ketika peserta senam yoga mengikuti petunjuk instruktur dari Palem Yoga Centre di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya, Sabtu (14/7/2018)

iniSURABAYA – Yoga ternyata tak jauh berbeda dengan senam. Meski gerakan-gerakan yang dilakukan sederhana, tetapi yoga tetap bisa bikin tubuh sehat.

Yoga juga bisa dilakukan oleh siapa pun, dan tidak dibatasi oleh usia. Artinya, yoga bebas dan bisa dilakukan mulai dari balita hingga orang yang berusia lanjut.

Pemahaman tentang yoga inilah yang dibeber instruktur Palem Yoga Centre lewat senam yoga yang diadakan di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya, Sabtu (14/7/2018). Sedikitnya 60 orang gabung dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Yoga se-Dunia tersebut.

Peserta senam yoga ini berdiri di atas matras dan mencermati arahan yang dilakukan Madhava Dev, instruktur Palem Yoga Centre di panggung.

Dengan bimbingan Madhava Dev, mereka mengikuti gerakan demi gerakan, mulai warming up hingga tahap relaksasi. “Yoga ternyata lebih simpel dari senam aerobik yang sering saya ikuti. Gerakan yoga tak terlalu ribet,”cetus Winarni, salah seorang peserta senam yoga.

Meski baru pertama kali ikut senam yoga, tetapi ibu satu anak ini mengaku bisa mengikuti petunjuk instruktur dengan mudah. “Gerakan yoga juga tak terlalu sulit dan tak membuat lelah,” imbuhnya.

Madhava Dev pun menyatakan, meski terlihat sulit, namun gerakan yang dilakukan saat yoga sebetulnya sederhana dan alami. Bahkan dibandingkan senam yang selama ini dipelajari orang seperti aerobik, yoga dinilai lebih simpel dan tak memerlukan tempat luas.

“Yoga lebih sederhana tapi efektif untuk menjaga kesehatan,” ujar Madhava menandaskan.

Gerakan atau postur dalam yoga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernafasan hingga pencernaan. Ini efektif jika postur dalam yoga dipadukan dengan pernafasan diafragma.

“Untuk orang yang belum paham dengan yoga, maka postur yang dipelajari adalah gerakan dasar, yang terdiri atas 3-6 postur,” ungkapnya.

Madhava menambahkan,”Postur itu seperti pujanggasana, yoga mudra, padahastasana, danurhasana, dan matsyasana. Ini juga yang diajarkan dalam senam yoga sehat ini.”

Madhava berharap, melalui senam yoga bersama ini masyarakat makin akrab dengan yoga. “Momen Hari Yoga se-Dunia ini sebenarnya jadi awal untuk memasyarakatkan yoga pada warga,” pungkasnya. sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)