Sensasi Nikmatnya Nasi Biru di Restoran Kemangi, Ternyata Warna Birunya Berasal dari Bunga Ini

1215 views

iniSURABAYA – Nasi putih, nasi kuning, atau bahkan nasi hitam tentu sudah biasa. Bagaimana bila ada sajian nasi biru?

Hidangan spesial itu hanya ada dan bisa dinikmati di Restoran Kemangi, Hotel Santika Pandegiling, Surabaya. “Warna biru itu diperoleh dari bunga telang,” begitu Chef Ervin Triana membuka rahasianya.

Executive Chef Restoran Kemangi ini mengungkapkan proses pembuatan nasi biru. Bahan yang perlu disiapkan adalah lima tangkai bunga telang dan sekitar 1 kg beras putih.

“Beras ini harus direndam bersama bunga telang untuk mendapatkan warna birunya selama sehari penuh,” tuturnya kepada iniSurabaya, Rabu (25/7/2018). Setelah berubah warna, beras itu lalu dikukus seperti biasa untuk menjadi nasi, baru kemudian digoreng.

Langkah berikutnya adalah menumis bawang putih dan masukkan telor, daging ayam yang sudah dipotong, serta udang. “Selanjutnya masukkan sayuran seperti jagung, wortel, kacang polong sebagai pemanis dan agar terlihat berwarna,” imbuhnya.

Proses akhir adalah menambahkan bumbu pelengkap dengan lada, garam, dan merica. “Menu Nasi Biru ini bisa disajikan bersama emping melinjo,” papar Chef Ervin Triana.

Menu promo ala carte Nasi Biru tersebut dibanderol dengan harga Rp 69.984++. “Restoran Kemangi selalu identik dengan menu tradisional Indonesia. Kali ini saya membuat inovasi baru agar pecinta kuliner bisa menikmati hidangan unik yang kami sajikan,” pungkasnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)