‘Unjuk Diri’ Lewat Kreasi Pouch, Dilengkapi Foto Biar Tambah Menarik

765 views

iniSURABAYA – Kini makin banyak media untuk ‘mengenalkan diri’ pada masyarakat. Hanya perlu sedikit kreativitas maka karya buatan sendiri itu bisa membuat eksistensi diri jadi beda.

Bahannya pun sederhana, yaitu dompet kecil dari bahan kanvas atau lebih dikenal sebagai pouch. Di bagian tengah dompet atau bisa pula digunakan sebagai tempat alat make up ini terdapat plastik transparan yang dijahit dan nantinya bisa dipakai untuk tempat foto diri.

Agar tampil menarik, bagian kosong di sekitar ‘kantong plastik’ tersebut kemudian dihiasi dengan aneka gambar. Caranya, terlebih dulu membuat sket menggunakan pensil. Setelah itu gambar dalam bentuk garis tipi situ dibikin tebal menggunakan shirt marker, yaitu spidol khusus kain.

Bagian berikutnya adalah memberi warna pada gambar yang sudah dibuat tersebut memakai fabric colour. Tahapan awalnya bisa memilih lima warna dasar, yaitu merah, kuning, biru, hitam dan putih.

Jika ingin menambah kreasi, warna-warna itu bisa dicampurkan hingga berubah jadi warna baru sesuai yang diinginkan. “Agar tidak tembus ke bagian baliknya, sebaiknya bagian dalam pouch ini dilapisi dengan kertas,” begitu pesan Mita Vegaliza, art instructor dari Leeven & Co Creative Space, Sabtu(7/7/2018).

Siang itu, MIta membimbing dua orang pengunjung acara Stopia Jungle Market yang diadakan selama tiga hari (Jumat-Minggu, 6-8/7/2018) di lantai 5 Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Agar gambar yang dibuat cepat kering, maka perlu dikeringkan selama 30 menit hingga satu jam.

“Supaya gambar tak mudah luntur, maka bisa diseterika dengan dilapisi kain. Setelah foto dimasukkan, jadilah pouch hasil kreasi sendiri ini siap dibawa jalan-jalan atau sekadar dibuat pameran di akun Instagram,” tuturnya.

Bagi Nindy, bisa melukis di pouch merupakan pengalaman menyenangkan. “Rasa sangat berbeda dengan melukis di atas kertas biasa. Kalau di kain kanvas ini bisa timbul gradasi warna sehingga gambar jadi makin menarik,” ungkap karyawan Dinas Kominfo Pemkot Surabaya ini.

Tampilan pouch jadi kian unik dengan hadirnya foto diri yang dipasang di sisi luar pouch tersebut. Foto ukuran 6×9 cm itu hasil bidikan kamera Fujifilm seri Instax Mini 90 Neo.

“Foto ini tak masalah kalau kena air, karena pakai pewarna kimia,” ujar Winda Soraya, Marketing Fujifilm.

Tak perlu lama untuk menunggu hasil bidikan Instax Mini 90 Neo ini. Begitu kertas foto keluar dari sisi kamera, hanya sekitar dua menit kemudian sudah muncul gambarnya. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)