Kuah Pindang Soka Plus Papeda, Penasaran Mencicipi? Menu Unik Ini Hanya Tersedia Selama Bulan Agustus di Hotel Santika Pandegiling

804 views

iniSURABAYA – Menyambut Hari Kemerdekaan yang tinggal menghitung hari, juru masak Kemangi Resto Hotel Santika Pandegilin Surabaya menyiapkan menu unik dan spesial, Kuah Pindang Soka. Yang beda dari sajian ini adalah makanan berbahan utama kepiting soka ini tidak menggunakan nasi sebagai menu pendamping.

“Kuah Pindang Soka memakai papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu,” ungkap Chef Ervin Triana.

Executive Chef Restoran Kemangi ini menambahkan,”Menu tersebut semakin unik karena cangkang dari kepiting soka ini dapat dimakan.”

Bahan yang diperlukan untuk meracik menu Kuah Pindang Soka antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, saus tomat, dan saus sambal.

“Sedang bumbu pelengkapnya adalah lada, garam, gula, dan merica,” urai Chef Ervin Triana.

Proses memasaknya diawali dengan memisahkan bahan menjadi dua bagian. “Bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, lengkuas, dan jahe setengahnya dihaluskan. Dan sebagian lagi dirajang, diiris kasar lalu ditumis,” bebernya sambil mempraktikkan cara memasak menu kreasinya tersebut.

Chef Ervin menyatakan pula,”Yang ditumis lebih dulu adalah bahan yang dihaluskan. Setelah aromanya keluar, kemudian bahan yang diiris kasar itu dimasukkan kemudian ditambahkan saus tomat, saus sambal, dan ditambahkan bumbu pelengkapnya.”

Proses yang agak lama, menurut Chef Ervin adalah memasak kepiting soka karena harus direbus selama 20 menit. Perebusan itu dengan menambahkan jahe, bawang putih, dan bawang prei.

“Ini perlu dilakukan untuk menghilangkan bau amisnya,” tegas Chef Ervin.

Menu istimewa Kuah Pindang Soka ini mengisi program buffet lunch dan dinner bertajuk ‘Kampung Legenda’ di Hotel Santika Pandegiling Surabaya selama bulan Agustus 2018. “Menu yang kami sajikan bervariasi dari Sabang sampai Merauke. Menunya juga berganti-ganti setiap harinya,” tutur Ika Fitri Tunjungsari, Assistant Sales Manager Hotel Santika Pandegiling Surabaya.

Cukup dengan merogoh kocek Rp 110.000.00 nett, tamu dapat menikmati menu masakan tradisional Indonesia. Untuk lunch, tamu dapat menikmatinya dari pukul 12.00-14.00, sedangkan dinner dari pukul 18.00-22.00.

“Khusus Kuah Pindang Soka dipatok harga Rp 85.000++,” urai Ika Fitri. dit

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)