Susuri Sejarah dan Dinamika Industri Surabaya, Inilah Rute Baru Surabaya Heritage Track

910 views

iniSURABAYA – Sebagai salah satu kota kolonial yang memiliki letak geografis strategis, membuat Surabaya berkembang menjadi kota pelabuhan yang sibuk. Surabaya sekaligus jadi pusat perekonomian yang diperhitungkan karena ditunjang perindustrian modern yang tumbuh pesat.

Tapi, masihkah sisa-sisa kejayaan perindustrian era kolonial di Kota Pahlawan ini dikenal oleh masyarakat, terutama warga Kota Surabaya sendiri? Untuk menelusuri sejarah kejayaan perindustrian itulah House of Sampoerna (HOS) melalui Surabaya Heritage Track (SHT) membuka rute kota industri.

Melalui program tematik tur SHT ‘Surabaya Kota Industri’, trackers diajak menyaksikan kekuatan industri Surabaya di masa lalu dengan berkunjung ke PT Boma Bisma Indra. Selain itu, juga menyaksikan berkembangnya industri kebutuhan konsumsi yang tercermin pada perjalanan bisnis PT HM Sampoerna dengan berkunjung ke Museum House of Sampoerna.

Rute baru ini masuk dalam tur tematik SHT yang berlangsung mulai tanggal 14 Agustus 2018 sampai 13 September 2018. “PT Boma Bisma Indra merupakan salah satu peninggalan kejayaan Industri di Surabaya di era kolonial yang masih berlangsung sampai sekarang,” kata Rani Anggraini, Manager Museum & Marketing HOS.

Bangunan PT Boma Bisma Indra terlihat klasik, khas bangunan lama masa kolonial. Dari luar, bangunannya menyerupai stasiun dengan cat berwarna biru terang.

Sedang di dalam PT Boma Bisma Indra ini pengunjung diajak menyaksikan proses produksi baja mulai dari pengelasan hingga pengecatan. Seperti mengunjungi pabrik pada umumnya, faktor keselamatan pengunjung sangat diperhatikan.

“Selama berada di area pabrik, pengunjung memang wajib mengenakan pelindung lengkap,” tegas Rani.

Dulunya, pabrik ini merupakan tiga pabrik yang didirikan Belanda dengan nama yang berbeda, yaitu NV- De Bromo, NV-De Industrie dan NV-de Vulkan. Di tahun 1971, tiga pabrik ini bergabung dan berubah nama menjadi PT Boma Bisma Indra.

“Hingga kini, pabrik ini masih berfokus pada pengelolaan baja untuk kebutuhan industri,” urainya. din

#houseofsampoerna #kolonial #surabayaheritagetrack #wisataindustri Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)