Balinale 2018 Akan Suguhkan 100 Film dari 30 Negara, Sutradara Roland Joffe Dikabarkan Turut Hadir

866 views

iniSURABAYA | BALI – Even tahunan Balinale –Bali International Film Festival kembali digelar di penghujung tahun 2018 ini. Di penyelenggaraan yang ke-12 kali ini Balinale akan menayangkan lebih dari 100 film pendek, feature film, dan dokumenter dari lebih dari 30 negara.

Balinale 2018 memberi fokus kepada sejarah film making Indonesia dengan penayangan film-film arsip. Film-film tersebut akan diputar selama sepekan (24-30/9/2018) di dua lokasi yaitu Official Venue Partner Cinemaxx–Lippo Mall Kuta dan Plaza Renon.

Informasi yang diperoleh iniSurabaya.com, panggung Balinale 2018 menjadi sangat spesial lantaran sutradara Roland Joffe akan turut hadir. Pria kelahiran 17 November 1945 ini dikenal sebagai penghasil film pemenang Oscar.

Karya Roland Joffe diantaranya adalah The Killing Fields dan The Mission. Roland Joffe juga sempat meraih reputasi atas kisah-kisah politik dalam serial ‘Bill Brand’ dan drama-drama faktual untuk ‘Play for Today’.

Tahun ini, BalinaleX kembali dengan kumpulan pakar industri perfilman baru yang akan membahas beragam topik pembicaraan dalam forum, yakni cerita yang dapat diangkat dari budaya Indonesia, perkembangan bisnis perfilman di Indonesia, dan Indonesia sebagai destinasi perfilman internasional.

Untuk membahas potensi Indonesia yang dapat ditawarkan kepada dunia internasional, beberapa filmmaker ternama akan diundang.  Di antaranya Hanung Bramantyo dengan karyanya mengenai pahlawan Indonesia ‘Sultan Agung’, dan Shalahuddin Siregar dengan filmnya ‘Lima’, yang menyoroti nilai-nilai dasar Pancasila.

Selain itu Local Heroes Session akan menayangkan film pahlawan dari Moonrise Over Egypt, ‘Nyai Ahmad Dahlan’, ‘Wage’ sampai ‘Sultan Agung’ yang akan ditonton anak-anak sekolah se-Kabupaten Badung, Bali.

Aktris Indonesia Cinta Laura, juga akan menyediakan perspektifnya mengenai menyeberang ke arena film internasional. Untuk menjelaskan aspek bisnis dari industri, juga diundang beberapa produser, seperti Ody Mulia Hidayat dan Chand Parwes Servia.

Hadir pula produser dari Tiongkok (Liu Qinglu) juga produser Taiwan dan direktur festival (Jean Huang). Produser Broadway Jhett Tolentino yang telah memenangkan penghargaan Tony Award untuk karyanya juga diundang untuk mewakili suara dari dunia  teater. sum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)