Hari Pertama Rekayasa Lalu Lintas Bundaran Tol Satelit, 50 Petugas Dikerahkan Bantu Sosialisasi

Rekayasa lalu lintas di overpass Bundaran Tol Satelit, Mayjen Sungkono, Jl HR Muhammad dimulai Selasa (23/10). Uji coba ini akan berlangsung selama sepekan mendatang untuk kemudian dievaluasi.

iniSURABAYA – Hari pertama rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran Tol Satelit, Selasa (23/10/2018) masih membuat banyak warga Kota Surabaya kebingungan. Ketidaktahuan pengguna jalan untuk memilih jalur yang dikehendaki malah membuat mereka harus memutar untuk kembali ke jalur yang sebenarnya.

“Tadi pas di bundaran mau ke Hotel Verwood dari arah Jl Mayjen Sungkono nggak tahu harus lewat jalur yang mana. Akhirnya malah jablas (terus) ke Jl HR Muhammad lalu cari putar balik,” ungkap Endang, salah seorang warga Sidoarjo yang mengaku ada acara di Hotel Verwood.

Dari pantauan iniSurabaya.com, rekayasa lalu lintas ini memang masih membuat pengguna jalan ragu-ragu menentukan pilihan jalur yang akan dilalui. Akibatnya arus lalu lintas baik yang dari Jl Mayjen Sungkono maupun dari Jl HR Muhammad mengalami kemacetan cukup panjang.

Kebingungan pemakai jalan di kawasan Bundaran Tol Satelit ini bisa dimaklumi oleh para petugas. “Pengendara yang bingung karena belum terbiasa dan masih menyesuaikan diri,” tegas Irvan Wahyu Drajad, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Menurut Irvan, pihaknya telah menerjunkan 50 petugas untuk membantu pengaturan lalu lintas dan mengarahkan para pengendara. Setelah seminggu uji coba, traffic camera akan mulai difungsikan.
“Kami sudah koordinasi dengan polisi, satpol, dan petugas lainnya. Pengendara memang perlu waktu untuk membiasakan diri dengan situasi baru di kawasan tersebut,” tandas Irvan.

Rekayasa lalu lintas ini memanfaatkan enam jalur di overpass. Melalui overpass ini, para pengendara yang dari arah Jl Mayjen Sungkono bisa langsung menuju Jl Raya Kupang Indah, atau bisa juga melakukan putar balik.

Sebaliknya, untuk arus lalu lintas dari Jl Raya Kupang Indah menuju Jl HR Muhammad atau akses Tol Surabaya-Gempol juga bisa melalui Overpass. Arus lalu lintas dari akses tol menuju Jl Kupang Indah atau ke Jl Mayjen Sungkono pun bisa lewat Overpass.

Selama pengerjaan underpass, jalur di Bundaran Satelit tepatnya sisi barat dan timur ditutup secara bertahap. Sehingga, arus lalu lintas akan dialihkan ke Overpass tengah.
Rekayasa lalu lintas ini dilakukan dalam rangka pengerjaan proyek underpass, yang ditargetkan selesai awal tahun 2019. Uji coba ini akan berlangsung selama seminggu. dit