Korban Kanker Payudara Makin Muda, Datang Sudah dalam Stadium Lanjut

Theresia Pangemanan (dua dari kanan) menerima donasi secara simbolis dari Colin Young, GM JW Marriott Hotel Surabaya (dua dari kiri) disaksikan Alamsyah Jo, GM Complex Sheraton dan Four Points Surabaya (kanan), dan Viktor A Sin, GM Fairfield by Marriott Surabaya (kiri).

iniSURABAYA Kanker payudara masih menjadi momok bagi para wanita. Karena kanker jenis ini menjadi ‘pembunuh’ nomor satu untuk jenis kanker pada perempuan yang disusul kanker serviks.

Yang tak kalah memprihatinkan, korban kanker payudara ini semakin muda. “Meski belum ada data otentiknya, tetapi informasi yang kami peroleh, mereka yang berusia 16 tahun ada yang sudah terserang kanker payudara,” tegas Theresia Pangemanan, Ketua Reach to Recovery kepada iniSurabaya.com, Rabu (10/10/2018).

Ditemui usai penyerahan donasi dari panitia Run to Give 2018 Surabaya di Kawi Lounge Hotel Sheraton Surabaya, Theresia menyatakan, banyak penderita kanker payudara ini datang berobat justru ketika sudah dalam stadium lanjut. “Sebanyak 70 persen pasien datang sudah terlambat. Dari jumlah itu 50 persen diantaranya karena info yang salah,” tandasnya.

Menurut Theresia, informasi salah itu diantaranya adalah,”Kalau kena kanker jangan operasi nanti malah menjalar dan cepat mati. Atau, jangan ke dokter cukup minum herbal saja.”

Survivor kanker payudara yang sudah menjalani operasi pengangkatan payudara pada 2001 ini menandaskan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian klinis yang menyatakan minuman herbal ini bisa menyembuhkan kanker payudara.

Theresia menekankan, setiap penderita kanker payudara justru harus menjalani serangkaian kegiatan standar, yaitu operasi untuk membuang benjolan, kemoterapi, radioterapi, dan terapi hormon. “Karena itu, setiap wanita disarankan untuk selalu melakukan ‘sadari’ periksa payudara sendiri,” tuturnya.

Berkaitan dengan masih banyaknya kalangan wanita memahami bahaya kanker payudara itu pula, Theresia menegaskan perlunya digalakkan informasi yang intens ke seluruh lapisan masyarakat. “Kami rutin menggelar pelatihan bagi relawan yang nantinya melakukan pendampingan pada penderita kanker payudara dan bisa memberi informasi yang benar,” ungkapnya.

Sebelumnya, Theresia menerima bantuan secara simbolis dari Colin Young, GM JW Marriott Hotel Surabaya. Dana yang terkumpul dari kegiatan Run to Give 2018 yang berlangsung pada 16 September 2018 ini sebesar Rp 50 juta. dit