Program Loyalitas Metode Efektif untuk Mempertahankan Pelanggan, Begini Penjelasannya

1031 views

Richard Lyu, Product Manager Moka dalam acara A Cup of Moka di Surabaya pada Sabtu, 6 Oktober 2018. Richard menekankan pentingnya mempertahankan pelanggan untuk kembangkan usaha, khususnya UKM.

iniSURABAYA – Ingin meningkatkan omset usaha? Cobalah bikin program loyalitas bagi konsumen.

“Program loyalitas merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan,” ujar Richard Lyu, Product Manager Moka, Sabtu (6/10/2018).

Tampil sebagai narasumber dalam seminar seminar mengenai strategi menjalankan bisnis dengan mengandalkan program loyalitas untuk mempertahankan pelanggan, Richard menegaskan penelitian dari Nielsen menyebutkan bahwa 84 persen konsumen cenderung lebih memilih retail yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya.

Menurut Richard, program loyalitas tidak selalu berbentuk diskon, tapi bisa juga point rewards, cashback, atau bisa juga ongkos kirim gratis. “Pemilik bisnis perlu mempromosikan program loyalitas yang dijalankan melalui media sosial yang dimiliki agar pelanggan bisa mengetahui dengan jelas keuntungan program yang ditawarkan,” paparnya.

Lebih lanjut lagi, Richard bercerita mengenai tiga hal tentang pentingya program loyalitas dalam bisnis yang dijalani. Pertama, kemudahan yang didapatkan akan membuat 50 persen pelanggan dengan program loyalitas lebih condong mencoba produk baru.

Jafar Al Fakhry (Head of Community Moka), Dimas (pemilik Bisnis Kopi Becak), serta Amanda dan Tian (pemilik Bisnis Ellery Nails) dalam acara A Cup of Moka di Surabaya Sabtu (6/10/2018).

Kedua, strategi mempertahankan pelanggan dengan program loyalitas terbukti memiliki lima kali lipat biaya lebih rendah untuk bisnis. “Yang ketiga, akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis karena pelanggan dengan program loyalitas akan berbelanja 31 persen lebih banyak dari pelanggan yang lain,” imbuhnya.

Richard juga mengungkapkan bahwa, sebagai startup penyedia layanan kasir digital, Moka sangat mendukung pegiat UKM Surabaya menjadi wirausaha kreatif melalui acara A Cup of Moka. A Cup of Moka sendiri merupakan gelaran diskusi edukatif yang dikhususkan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Strategi meningkatkan omset bisnis UKM dipapar Moka dengan cara kekinian. Moka yang telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet di Indonesia berbagi tips kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital.

Acara yang diadakan di Sub.Co coworking space, Surabaya tersebut juga diisi sharing session bersama dengan pemilik usaha untuk saling berbagi tips dan pengalaman.

“Salah satu strategi mempertahankan pelanggan adalah dengan mengedepankan interaksi langsung dengan pelanggan, sehingga pemilik bisnis bisa mengetahui keluh kesahnya yang disampaikan,” kata Amanda Dea, pemilik bisnis Ellery Nail Art Project yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ditambahkan pula,“Pendekatan pribadi dari owner itu penting. Selain untuk tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan, juga bisa cepat langsung tahu karena menggunakan data real-time dari Moka.” ana

#moka #startup #subcoworkingspace Surabaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)