Kaisar Akihito Tahun Depan Turun Tahta, Digantikan Putera Mahkota Naruhito

446 views

Masaki Tani, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, H Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, serta Sato Hideya, Ketua Perkumpulan Jepang Jawa Timur, East Java Japan Club (EJJC) bersulang sebagai simbolik ucapan selamat ulang tahun ke-85 Kaisar Akihito.

iniSURABAYA – “Bersulang!” Ucapan serempak itu serempak menggema di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya, Kamis (29/11/2018) malam.

Seruan itu disusul aksi sejumlah pejabat yang sedang berada di panggung utama, yaitu Masaki Tani, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, H Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, serta Sato Hideya, Ketua Perkumpulan Jepang Jawa Timur, East Java Japan Club (EJJC) bersama-sama mengangkat gelas minuman masing-masing sebagai simbolik ucapan selamat ulang tahun ke-85 Kaisar Akihito.

Dalam kesempatan itu, Masaki Tani mengungkapkan bahwa hingga tahun ini Akihito sudah 30 tahun menduduki singgasana kekaisaran Jepang. Tahun depan, Akihito berencana turun tahta untuk selanjutnya digantikan oleh sang putera mahkota.

“Tahun depan Kaisar Akihito akan turun tahta pada tanggal 30 April, kemudian tanggal 1 Mei Putera Mahkota (Naruhito) akan dinobatkan menjadi Kaisar,” paparnya.

Naruhito yang kelahiran Tokyo, 23 Februari 1960 ini adalah anak tertua Kaisah Akihito dan permaisuri Michiko. Pria dengan gelar Pangeran Hiro ini dijadikan sebagai putera mahkota pada 23 Februari 1991 setelah kakeknya, Kaisar Showa meninggal dunia pada tanggal 7 Februari 1989.

Pangeran Hiro menyandang gelar sarjana dan gelar master sejarah dari Universitas Gakushuin pada tahun 1982 dan 1988. Dari tahun 1983 sampai tahun 1985, Pangeran Hiro yang senang bermain biola, mendaki gunung, dan jogging ini belajar di Universitas Oxford, Inggris.

Dalam peringatan ulang tahun Kaisar Jepang yang rutin digelar setiap tahun tersebut, Hideya Sato sempat menyatakan apresiasinya atas ketokohan Akihito. “Putra mahkota akan menggantikan Sri Baginda Kaisar per-tanggal 1 Mei. Meskipun demikian Sri Baginda Kaisar (Akihito) akan senantiasa melindungi kami dengan penuh kehangatan,” tandasnya.

Suasana pesta ulang tahun itu kian meriah dengan sajian musik yang dimainkan personel Yamaha East Wind Orchestra. Selain itu juga tampil paduan suara grup masyarakat Jepang, yaitu Bunga Mawar, Lagu-Lagukai, serta Swara Svarna Indonesia.

Sembari menikmati hiburan musik, tamu undangan disuguhi aneka hidangan khas Jepang, diantaranya nas kepas ‘Onigiri’, teh Jepang, dan bermacam wine, serta sake produk Jepang. sum

#kaisarakihito #kaisarjepang #pangerannaruhito #shangrilahotel

Posting Terkait