‘Rama Shinta In Ballet’ Libatkan 1.000 Pebalet, Ini Bagian Tersulitnya Mengemas Pentas Kolosal

Pentas Rama Shinta in Ballet di Gedung Balai Budaya Kompleks Balai Pemuda Surabaya.

iniSURABAYA – Pementasan balet ‘Rama Shinta in Ballet’ yang disajikan di Gedung Balai Budaya Kompleks Balai Pemuda Surabaya, Minggu (4/11/2018) melibatkan sekitar 1.000 murid Marlupi Dance Academy. Pertunjukan kolosal itu dibagi dalam dua sesi, yaitu pukul 12.00 dan pukul 18.00.

Ini bukan yang pertama sekolah balet kenamaan itu menyajikan pertunjukan balet yang melibatkan pebalet massal. Tahun lalu Marlupi Dance Academy juga menyuguhkan pentas kolosal lewat cerita ‘Si Kabayan’.

Meski begitu, toh tak mudah mengemas pertunjukan dengan jumlah pebalet sangat besar. Apalagi usia pebalet pun beragam mulai 2,5 tahun hingga dewasa.

“Bagian tersulitnya adalah menggabungkan seluruh peran tersebut,” ungkap Claresta Alim ARAD, Director of Performing Arts Marlupi Dance Academy.

Gara-Gara Terpikat Rusa Emas, Shinta pun Diculik Rahwana

Ditemui iniSurabaya.com sesaat sebelum pentas ‘Rama Shinta in Ballet’, Claresta menyatakan, yang juga tak mudah adalah penempatan lagu yang mengiringi gerakan pebalet. “Lighting pun harus tepat, penempatan properti juga turut mendukung, begitu pula slide background harus menyatu dengan cerita,” papar cucu Marlupi ini.

Kisah Rama Shinta in Ballet ini diawali dengan hadirnya sosok Rama, Shinta yang didampingi Lakshamana sedang berjalan-jalan di sebuah hutan. Ketika itu, Shinta terpikat oleh sosok rusa emas yang bergerak atraktif seakan sengaja berusaha menarik perhatian Shinta.

Upaya ini pun berhasil. Shinta minta pada Rama agar menangkap rusa emas itu untuk dirinya. Sebelum meninggalkan sang istri, Rama melindungi Shinta dalam sebuah lingkaran agar tidak diganggu hewan liar yang banyak berkeliaran di hutan rimba tersebut.

Sesaat setelah Rama dan Lakshamana pergi, datanglah Rahwana yang sudah lama terpikat oleh kecantikan Shinta. Dengan tipu dayanya Shinta berhasil ‘ditarik’ keluar dari lingkaran yang sudah dibuat Rama, dan Rahwana pun berhasil membawa pergi sang dewi cantik itu.

Sebelum Shinta dibawa kabur, Rahwana sempat mendapat perlawanan dari Jatayu. Tetapi Rahwana yang jauh lebih kuat akhirnya berhasil menaklukkan Jatayu dan memboyong Shinta ke istananya.  dit