Warga Kota Senang Tabebuya Bermekaranan di Sepanjang Jalan, ‘Surabaya Tumbuh Sakura’

1423 views

Tabebuya bermekaran di sepanjang jalan Kota Surabaya (dok Humas Kota Surabaya)

iniSURABAYA – “Surabaya seperti di Jepang!”

“Surabaya tumbuh bunga Sakura!”

“Apike rek koyok bunga sakura. Ayo jogo bareng2 rek. Bravo suroboyo”

“Kembange we sangaarr apik puooll, koyok nang Jepang. Luwih sangar maneh nek dalane muluss gak gelombang, box klapert ndang rampung kabeh”

Komentar bernada kebanggaan atas merekahnya bunga tabebuya ini banyak bertebaran di jejaring media sosial, khususnya Twitter. Dikutip dari akun Humas Kota Surabaya @BanggaSurabaya, warga kota senang menikmati indahnya bunga yang tersebar di seluruh kota Surabaya ini.

Bahkan ada yang mengusulkan agar tanaman tabebubuya ini ditanam lebih banyak lagi sehingga menjadi spot foto menarik sekaligus objek wisata yang cantik. “Kaget banget tadi lewat pertigaan jemursari-jemur andayani keren banget. Mungkin lebih bagus kalau ada taman sendiri untuk tanaman ini,” tulis @ZaPylori.

Namun ada pula yang mengkritisi karena bunga yang gugur di sekitar tanaman dianggap menimbulkan pemandangan tak sedap. “Kembange apik, tapi sayang rontokanne kembang iku sing gak nggarai apik,” komentar @kondangtitis.

Informasi lain yang diperoleh iniSurabaya.com, Tabebuya (Chrysotricha) adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil. Bunganya mirip bunga sakura, sehingga tak salah bila banyak yang menyebutnya sebagai tanaman Sakura.

Pohon Tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbungan maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Habitat asli Tabebuya berasal dari daerah dengan iklim kering, sehingga memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan. Hal ini sangat sesuai karena tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman disaat musim kemarau.

Pohon ini adalah pohon hias populer dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya adalah pohon rendah pemeliharaan, membutuhkan pemangkasan hanya untuk memangkas tangkai mati atau rusak. Hama atau penyakit jarang mengganggu pohon tropis.

Ada dua jenis pohon Tabebuya yang populer sebagai tanaman hias pekarangan, yaitu Tabebuya Kuning, pohon besar mencapai 8m, dan Tabebuya Merah Muda. dit

#brasil #sakura #tabebuya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)