Witches, Kopi Soda ala Chef Ebisu Restaurant Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya

iniSURABAYA – Pernah menikmati kopi yang diramu dengan soda? Chef Didik Yudianto menghadirkan kreasi minuman dengan bahan kopi yang tidak biasa.

Witches, itulah sajian kopi yang merupakan perpadua 70 persen Arabica, dan 30 persen Robusta. Bahan yang digunakan untuk meracik Witches adalah susu kental manis 20 ml, arsenal syrup 10 ml, single espresso 30-40 ml, mutiara satu sendok the, dan soda 150 ml.

Cara meramunya, bahan-bahan tersebut dimasukkan satu demi satu ke dalam gelas. Dan bagian atasnya diberi garnis jeruk nipis dan daun mint.

“Meski cara meramunya dimasukkan satu persatu, tetapi untuk minumnya perlu diaduk dulu hingga rata,” kata Chef Didik Yudianto saat ditemui di Ebisu Restaurant, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Diakui Chef Didik, Witches ini sekarang sedang digandrungi anak muda penyuka kopi. “Mereka bisa jadi bosan dengan minuman kopi yang konvensional. Perlu adanya sensasi rasa yang bisa dinikmati ketika minum Witches,” paparnya.

Menurut Chef Didik, hidangan Witches ini sangat cocok disantap bareng ‘Sawara Teriyaki’. Untuk penyajian Sawara Teriyaki, Chef Didik Yudianto  memakai ikan tengiri sebagai pengganti salmon.

Ingin Santap Menu Khas Jepang? Coba Dulu Resep Spesial Chef Hotel Mercure Grand Mirama Ini

“Yang membuat, beda masakan ini, biasanya hanya disiram saus teriyaki. Kali ini kami mengkreasi saus tersebut dengan campuran mayonnaise dan lime yang dioven lalu dituangkan ke sawara,” ungkapnya.

Chef Didik lalu memapar proses meracik Sawara Teriyaki. Ikan tengiri yang sudah diberi bumbu lalu di-pan fried hingga setengah matang. Setelah itu lalu dimasukkan oven dengan temperature 300 derajat Celcius selama lima menit.

Menurut Chef Didik, sebelum dimasukkan oven di atas ikan tengiri diletakkan potongan lemon yang sudah dilumuri saus mayonnaise. “Lemon ini untuk menghilangkan aroma amis dan memberi rasa asam,” katanya.

Begitu ikan tengiri keluar dari panggangan, langsung dilumuri saus teriyaki, dan siap dihidangkan. Sebagai pendamping, ada sup, nasi putih, tumis sayur, dan yasai tofu itame.

Yasai tofu salad ini terbuat dari irissan wakame, tofu, wortel, dan bawang bombai. Sebagai pendamping bisa pula ditambahkan French Fries. dit