Anjing Juga Punya Perasaan, Agar Tidak Trauma Begini Cara Memberi Perintah yang Tepat

609 views
Serka Bano sedang memberi arahan pada pemilik anjing cara melatih hewan peliharaan itu jadi patuh.

iniSURABAYA – Meski berwujud hewan, anjing ternyata juga punya perasanaan sebagaimana manusia. Karena itu, ketika menginginkan sesuatu untuk dilakukan anjing peliharaan, yang perlu dipahami dan harus dilakukan adalah menghindari kata-kata kasar.

“Ketika memberi perintah pada anjing bisa saja tegas. Tetapi harus dipahami bahwa tegas bukan berarti kasar dan membentak ya bapak-ibu,” begitu ujar Serka Novianus Bano kepada peserta Obidience yang diadakan Indonesia Canine Lovers (ICL) di Food Junction Surabaya, Minggu (13/1) sore.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian besar para pemilik anjing yang berniat melatih hewan peliharaan mereka itu bisa patuh menjalankan perintah.

“Jangan dilakukan (berkata kasar). Karena itu akan membuat anjing kita trauma,” tandas anggota Kopassus yang akrab disapa Bano itu.

Ketika masuk sesi pelatihan, Bano pertama-tama mengajak beberapa peserta yang ingin ikut kloter pertama untuk mencoba langkah awal pelatihan melakukan baris berbaris dan sikap sempurna memegang kontrol tali yang terikat pada ban mobil bekas sebagai pengganti anjing.

Langkah awal ini perlu dikuasai dengan baik oleh setiap pemilik anjing. Wawasan sikap sempurna dan baris-berbaris ini juga diperlukan agar pemilik anjing selalu berada dalam kondisi sigap ketika anjing mereka tiba-tiba berontak.

Bano dan anjing K9 jenis Belgian Malenois yang patuh dan setia mendampinginya dalam pelatihan memberi contoh gerakan sederhana seperti jalan maju dan berputar. Tampaknya memang sederhana, namun para peserta tampak sedikit kebingungan saat melakukan praktik bersama anjing mereka.

Gerakan putar balik juga sempat menjadi kendala bagi sebagian besar peserta. Bano memperingatkan peserta untuk tidak menyeret anjing mereka ketika akan memindah tali di tangan dan bersiap untuk balik badan. sum

#foodjunction #kopassus #obidience #pelatihananjing

Posting Terkait