Keliling Dunia Bersama Kebab Baba Sam, Begini Hasil Olahan Chef Best Western Papilio

1049 views

iniSURABAYA.com – Kebab sebagai makanan khas Timur Tengah tentu sudah tak asing bagi warga Kota Surabaya. Tetapi kebab yang disajikan di Bantimurung Sky Pool & Café Hotel Best Western Papilio ini berbeda dengan kebab umumnya.

Sebab, Kebab Baba Sam olahan juru masak Hotel Papilio ini memadukan cita rasa Timur Tengah dan Indonesia. “Kebab kan memang sudah dikenal sebagai menu khas Timur Tengah. Namun, di sini sudah kami sesuaikan dengan lidah Indonesia,” kata Chef Suro Hartoyo.

Yang berbeda, menurut Chef Suro, adalah cara pembuatan bumbu yang dibuat dari campuran gula Jawa dengan rempah-rempah sebagai ciri khas bumbu kebab. “Pembuatan bumbu tidak pakai gula putih, karena campuran gula putih dan rempah bikin taste yang tidak bagus,” tegasnya.

Yang juga berbeda adalah kulit Kebab Baba Sam ini diracik sendiri oleh juru masak hotel bintang 4 ini. Kulit kebab khas Hoel Papilio ini terbuat dari bahan antara lain virgin extra olive oil yang dicampur tepung gandum, dan keju bubuk.  

Selain itu masih ditambahkan pula yoghurt dan telor. Penggunaan yoghurt untuk kulit kebab ini agar tekstur kulit kebab tidak terlalu keras dan menciptakan rasa sedikit asam dan manis yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, khususnya warga Kota Surabaya.

Kulit yang sudah jadi ini lalu disimpan kulkas dengan suhu 2-4 derajat Celcius. “Penyimpanan selama minimal empat jam. kalau bisa over night lebih bagus,” ujar Chef Suro.

Yang juga tidak sama dalam penyajian kebab Baba Sam adalah saus yang beragam yang berasal dari seluruh penjuru dunia. “Kali ini kami hadirkan saus Thailand,” tutur Chef Suro.

Selanjutnya akan ada varian saus yang diambil sebagai representasi sebuah negara. “Jadi nanti ada saus teriyaki dari Jepang, saus Vietnam, saus kare (India), saus bul gogi (Korea), dan saus Mexicana. Di akhir tahun nanti kami sajikan saus khas Nusantara,” ungkapnya.  

Untuk sajian Kebab Baba Sam saus Thailand ini hanya tersaji hingga bulan April 2019. “Karena menu kebab ini disajikan siang hari maka kami tarik dulu selama bulan Ramadan kami ganti dengan menu-menu buka puasa,” ujar Intan Manullang, Marcomm Manager Best Western Papilio Hotel Surabaya.

Kebab Baba Sam yang disajikan bersama sejumlah menu pilihan makan siang di Bantimurung Sky Pool & Café ini dibanderol dengan harga IDR 81.000 nett/orang.

“Selain menikmati menu makanan, tamu bisa pula sambil berenang,” tutur Intan. dit 

#bestwesternpapiliohotel #kebabbabasam #timurtengah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)