Bahan Mudah Didapatkan dan Mengasyikkan, Yuk Bikin Sabun Ramah Lingkungan

1246 views

iniSURABAYA.com – Sabun tentu akrab dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi bagaimana cara membuatnya? Lalu dari bahan apa saja sabun yang ramah lingkungan sehingga bisa terurai dengan mudah saat terbuang ke sungai dan masuk tanah?

“Seru dan menyenangkan,” kata Melitta, 22, salah seorang peserta Workshop Handmade Natural Soap yang diadakan di Atrium Ciputra World Surabaya, Sabtu (13/4/2019).

Ibu rumah tangga ini mengaku baru pertama kali ikut workshop khusus bikin sabun hand made. “Saya senang karena bahannya natural. Saya penasaran ingin tahu bagaimana cara membuatnya,” ujarnya menambahkan.  

Setelah bersama-sama peserta lain mengikuti petunjuk instruktur dari Econic, Melitta menyatakan,“Bikinnya nggak susah, tapi capek karena ngaduknya lama.”

Meski begitu, Melitta menambahkan bahwa bikin sabun sendiri ternyata bikin asyik. “Materialnya saya sudah tau, tapi tekniknya belum tau. Kalau nganggur bisa bikin di rumah karena bahan-bahannya mudah didapatkan,” tuturnya.

Sementara Alexius Erik Charlex, Founder Iconic, saat ditemui iniSurabaya.com menegaskan bahwa bahan untuk membuat sabun ini mudah didapatkan di toko-toko. Bahannya antara lain, minyak, garam NA/LEY, lalu untuk baunya bisa pakai minyak esential lavendra, lemon, sirih, dan jasmine.

Untuk teksturnya sendiri bisa menggunakan beras, oatmeal, arang, maupun jenis tepung yang bisa digunakan untuk scrub. Sedang untuk warna sabun bisa menggunakan pewarna dari bahan alami atau pewarna makanan.

“Proses untuk membuat sabun memang lumayan lama. Karena ini menentukan kualitas dari sabun itu sendiri. Semakin lama disimpan, maka semakin baik kualitas sabunnya,” paparnya. ita

#ciputraworldsurabaya #workshop

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 700x100)