Gandeng Perajin Lokal, Ulfa Mumtaza Ungkap Rahasia Kecantikan Batik khas Jawa Timur Sisi Barat

370 views
Ulfa Mumtaza merilis koleksi terbaru yang menggunakan bahan batik dari kabupaten dan kota di Jawa Timur sisi Barat.

iniSURABAYA.com – Ulfa Mumtaza, fashion designer asal Madiun menghadirkan rancangan busana terbaru yang menggunakan bahan batik dari eks Karesidenan Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Pacitan, Magetan, Ngawi, dan Ponorogo.

Koleksi bertema ‘Chondra Anindya Batik’ ini diharap bisa mengangkat pamor batik khas Jawa Timur wilayah Barat tersebut di pentas yang lebih luas. “Selama ini kalau bahas batik di Jawa Timur kan identiknya dengan Madura dan bagian-bagian timur lainnya,” ujar Ulfa Mumtaza saat ditemui iniSurabaya.com, Sabtu (27/4/2019).

Melalui karyanya itu, Ulfa bertekad untuk mengungkap rahasia kecantikan batik Jatim, terutama yang berasal dari lima kabupaten dan satu kota tersebut.

“Apalagi saya tinggal di Madiun, jadi saya memiliki tanggungjawab untuk melestarikan dan mengangkat batik-batik yang ada di sekitar tempat tinggal saya,” katanya.

Ulfa menambahkan,“Saya mengeksplor batik-batik yang ada di sana agar dapat lebih dikenal lagi. Masing-masing tempat memiliki ciri khas dan keunikan sendiri-sendiri, dan semuanya bagus.”  

Ditekankan Ulfa, masing-masing daerah memiliki spesifikasi dan keunikan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya. Batik Pacitan memiliki tampilan yang lebih klasik, sedang batik Magetan memiliki motif bambu.

Sementara Ngawi punya motif tulang-tulang dan flora fauna yang telah menjadi fosil, Madiun mengangkat hasil daerah seperti gabah dan kulit jati, Kota Madiun punya motif pecelan, dan di Ponorogo ada motif flora.

Untuk mewujudkan tekadnya itu, Ulfa merangkul perajin-perajin batik di masing-masing daerah tersebut dengan harapan dapat lebih mengangkat lagi eksistensinya.

Karena itu, untuk bahan pembuatannya Ulfa menggunakan material kain batik sebagai bahan utama. “Selain menggunakan kain batik, saya juga mengkombinasikan dengan bahan-bahan polos seperti brokat, tile, dan lainnya,” tuturnya.

Koleksi ekskusif Ulfa Mumtaza ini rencananya akan disajikan dalam show tunggal yang diadakan di Madiun pada Rabu (1/5/2019). ita

#chondraanindyabatik #desainer #jawatimur #ultheraphymerz

Posting Terkait