Pajang Busana Kasual dan Muslim di Panggung The Square Ballroom, Inilah Wujud Kreasi Mahasiswa Pendidikan Tata Busana Unesa

337 views
Sebagai bagian dari tugas perkuliahan, mahasiswa Unesa menghadirkan rancangan busana kreasi mereka di panggung The Aquare Ballroom ICBC Center Surabaya. (foto-foto: Virgita Kasih Arwinda)

iniSURABAYA.com – Sekitar 127 busana karya 50 mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melenggang di panggung The Square Ballroom ICBC Center 3rd Floor, Sabtu (27/4/2019).

Pementasan bertajuk Gelar Cipta Karya yang mengangkat tema ‘Singularity’ ini merupakan puncak dari rentetan kegiatan mata kuliah yang pernah diambil para mahasiswa Unesa tersebut

Menurut Dr Marniati SE MM, Dosen Pembina Mata Kuliah Cipta Karya Busana Unesa, setiap peserta menampilkan tiga busana, dua busana perempuan, dan satu busana laki-laki.

“Tetapi, tidak semua ikut tampil karena adanya kriteria yang harus dipenuhi jika ingin karyanya bisa ditampilkan di showtime kali ini. Jadi total ada 127 busana,” demikian tegas Marniati.

Lebih lanjut Marniati menambahkan,“Di program studi S1 Pendidikan Tata Busana, selain menulis karya ilmiah berupa skripsi, mahasiswa juga harus membuat produk pada saat mata kuliah cipta karya busana ini.”  

Marniati menyatakan pula bahwa dalam kegiatan ini peserta dibagi dalam empat kelompok yang masing-masing kelompok diberi tema berbeda. “Kali ini ada empat tema yaitu Svarga, Cortex, Neo Medival, dan Exuberant. Masing-masing tema memiliki karakter berbeda,” paparnya.

Untuk mewujudkan empat tema tersebut, mereka yang kebagian tema Exuberant dan Cortex diarahkan untuk membuat busana bagi para milenial. “Karena tren sekarang memang seperti itu, mengarah ke casual wear,” tegasnya.

Sedang bagi mereka yang dapat tema Neo Medival dan Svarga lebih diarahkan ke busana muslim karena busana muslim juga sedang tren. “Selain menjelang bulan Ramadan, busana muslim sudah menjadi alternatif bagi wanita muslim yang berhijab, sehingga pasarnya sangat besar,” urainya. ita

#desainer #pendidikantatabusanaunesa #thesquareballroom

Posting Terkait