Panaskan Kopi Pakai Butiran Pasir Laut? Coba Rasakan Nikmatnya Kopi Turki di Hotel Bintang Lima Ini

58 views
Cara meracik Kopi Turki ini cukup unik karena dipanaskan dalam rendaman pasir laut. (foto-foto: Virgita Kasih Arwinda)

iniSURABAYA.com – Selain Turkish Ice Cream, paket bulan Ramadan bertema ‘Turkish Iftar at Jamoo’ di Shangri-La Hotel Surabaya masih ada sajian yang tak kalah uniknya, yaitu Kopi Turki.

Kopi Turki ini juga sangat berbeda dengan kopi sejenis, terutama pada cara penyajiannya. “Kopi Turki menggunakan  Kopi Arabika 100 persen sehingga pahitnya sangat dominan,” kata Lus Suryanto, Service Manager F&B Shangri-La Hotel Surabaya.

Komposisinya, lanjut Suryanto, kopi dengan takaran 6-7 gram dalam Turkish Handle (gelas peracik kopi) dicampur 25-30 ml air lalu. “Gelas peraciknya khusus terbuat dari tembaga karena bagus untuk menghantarkan panas,” tegasnya.

Turkish Handle ini kemudian ‘direndam’ selama tujuh menit dalam pasir yang sudah dituang di wajan yang diletakkan di atas api. Untuk meracik Kopi Turki ini sengaja menggunakan pasir laut asli karena bagus untuk memanaskan kopi.

Selama proses pemanasan, gelas peracik itu diputar-putar agar panasnya merata. Kopi sudah layak disajikan setelah kopi dalam gelas peracik mendidih.

“Tetapi sebelum benar-benar disajikan, terlebih dulu diangkat dan kembali ‘direndam’ dalam pasir tiga kali berulang-ulang baru dituangkan pada gelas dan siap diminum,” urainya.

Menurut Suryanto, bagi penggemar kopi sejati, biasanya minum kopi tanpa memakai gula. Namun jika ingin sedikit manis, bisa menambahkan gula.

“Ukuran gula disesuaikan selera. Tetapi kopi Arab biasanya pakai gulanya banyak,” ujar Suryanto yang sudah berpengalaman 12 tahun menjadi juru masak di Dubai dan Abu Dhabi.

Roberto Leone, Director of Food and Beverage Shangri-La Surabaya mengatakan hotelnya memang ingin menyajikan sesuatu yang berbeda pada Ramadan kali ini untuk memberikan kesan mendalam kepada tamu.

Baca Juga : http://inisurabaya.com/2019/05/di-shangri-la-hotel-ada-es-krim-bisa-melar-dan-tak-mudah-mencair-penasaran-nikmati-pula-atraksi-menggoda-dari-show-man/

“Kami tidak ingin sekedar menawarkan hidangan spesial, tapi juga pengalaman yang berkesan,” ujarnya.

Selain Turkish Ice Cream dan Kopi Turki, paket Ramadan di Shangri-La Hotel Surabaya menghadirkan bermacam menu sepuasnya dengan atmosfir khas Timur Tengah.  

Tamu bisa memilih bersantap di dalam Jamoo Restaurant atau outdoor di area poolside yang sejuk dalam kerindangan taman dengan hiburan live music yang membawakan lagu-lagu religi.

Aneka hidangan khas Turki yang disajikan antara lain kebab, kofte, imam bayildi, karniyarik, pide, sup lentil merah khas Turki, baklava dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan aneka masakan Oriental dan internasional.  

Bagi tamu yang lebih suka menyantap hidangan tradisional, Shangri-La menyajikan beragam menu Nusantara. Tersedia aneka nasi mulai dari nasi putih, nasi kuning, nasi goreng, nasi bakar yang dibungkus daun. Tamu bisa memilih nasi bakar ayam, daging atau tuna. dit

#kopiturki #shangrilahotelsurabaya #turkishicecream #turkishiftaratjamoo

Posting Terkait