Selain Air Putih, Buah dan Sayuran Ini Bisa Membantu Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

41 views
ILUSTRASI – Untuk menjaga kesehatan kulit, tubuh perlu asupan air yang cukup saat berbuka hingga sahur. (IST)

iniSURABAYA.com – Puasa yang saat ini sedang dijalankan oleh umat muslim ternyata berkaitan erat dengan kesehatan kulit. Sebab, saat puasa, tubuh tidak menerima cairan selama dua belas jam penuh.   

Dan bila waktu berbuka hingga sahur tubuh tetap tidak mendapat pasokan air dengan baik, akibatnya mengalami dehidrasi yang akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Efeknya, kulit akan menjadi kering atau bersisik. 

Menurut dokter Liana Verawaty MBiomed SpKK, menjaga kondisi kulit agar tetap segar selama berpuasa sangatlah mudah. Hal utama yang perlu dilakukan adalah minum air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas selama berbuka hingga sahur.

Konsumsi air yang cukup, mampu membantu tubuh agar kembali terhidrasi. “Untuk waktunya disesuaikan saja. Asalkan dua liter itu terpenuhi,” begitu tegasnya.

Selain mengkonsumsi air cukup, konsumsi buah dan sayur juga penting. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C, Vitamin A dan anti oksidan sangat baik untuk kesehatan kulit. Diantaranya seperti lemon, apel, jeruk, pisang, brokoli, sawi dan bayam. 

Selain itu, olah raga teratur juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Olah raga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperlancar oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh, termasuk untuk kulit.

“Jadi, kalau kulitnya tersupply oksigen dengan baik, otomatis kulit lebih bugar,” ungkapnya.

Dokter yang berpraktek di Adi Husada Undaan Wetan Surabaya ini menyatakan pula bahwa pada orang berpuasa kulit tidak serta merta mengalami masalah, misal kulit kering.

Pada kondisi kulit normal, keadaan ini jarang terjadi. Namun bagi pemilik kulit kering, butuh perhatian khusus, karena biasanya kulit menjadi semakin kering. 

Untuk itu, selain perawatan dari dalam, perawatan kulit dari luar juga perlu. Diantaranya dengan rutin menggunakan body lotion dan sunblock untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, juga harus mandi secara rutin untuk menghilangkan bakteri, virus dan jamur yang menempel pada kulit. “Sehingga kulit bebas dari penyakit akibat inveksi,” tuturnya. dit

#kesehatankulit #minumairputih #puasaramadan dehidrasi

Posting Terkait